4 Danau Di Indonesia Dengan Ciri Khas Yang Unik

Indonesia dikaruniai  beragam destinasi wisata alam indah, salah satu contohnya adalah danau berlatarkan panorama elok dan suasana sejuk. Areingers bisa menemukan sejumlah danau cantik dengan ciri khas unik di berbagai pelosok nusantara. Keindahan danau-danau tersebut tentu sayang untuk dilewatkan begitu saja oleh wisatawan.

Apa saja danau di Indonesia yang memiliki ciri khas unik serta menyajikan panorama indah? Berikut adalah 4 di antaranya. Silakan baca tulisan di bawah ya!

Danau dengan Panorama Kabut Menawan - Danau Ranamese

Danau cantik ini tawarkan pemandangan alam yang begitu memesona. Areingers bisa menemukan Danau Ranamese di kaki Gunung Ranaka, Golo Loni, Rana Mese, Flores. Keindahan danau ini juga didukung oleh kehadiran kabut yang menyelubungi daerah perairannya.

Pelancong seringkali dibuat terkagum-kagum dengan panorama magis Danau Ranamese. Saat bertandang ke sini, Areingers  akan disuguhi lanskap perairan berwarna hijau yang menakjubkan. Udara sekitar danau ini juga sejuk sehingga bakal membuat siapapun betah berlama-lama.

Danau Ranamese kabarnya memiliki kedalaman sekitar 43 meter. Di danau ini, Areingers bisa menenangkan pikiran sembari menikmati panorama alam yang eksotis. Untuk mengamati keindahan danau ini, Areingers harus melalui perjalanan menantang dari Ruteng, Manggarai. Danau Ranamese sendiri merupakan salah satu titik awal jalur pendakian menuju Gunung Ranaka.

 

Danau Terdalam di Indonesia – Danau Matano

Pernahkah Areingers mengunjungi dan melihat langsung keindahan danau terdalam di Indonesia? Jika belum pernah, maka Danau Matano adalah tempat yang patut Areingers datangi ketika liburan. Airnya yang berwarna biru jernih seringkali meluluhkan hati para wisatawan yang singgah.

Danau seluas 28 kilometer ini berlokasi di Kabupaten Luwu Timur, ujung timur Sulawesi Selatan. Daya tarik Danau Matano terletak pada permukaaan dasarnya yang teramat curam. Tingkat kedalaman danau ini diperkirakan mencapai 590 meter. Wih, dalam sekali ya bro?

Jika dibandingkan dengan Danau Toba, Danau Matano mempunyai perairan 40 meter lebih dalam. Berdasarkan survei yang dilakukan worldatlas.com, danau ini berada di posisi ke-12 dalam Daftar Danau Terdalam di Dunia. Danau Matano diperkirakan terbentuk sekitar 1 hingga 4 juta silam akibat peristiwa tektonik pada zaman Pleosan.

Sesampainya di Danau Matano, wisatawan dapat mengamati indahnya panorama perbukitan serta vegetasi hijau yang lebat.  Areingers juga bisa menjumpai gua tengkorak di bawah perairan danau ini. Selain itu, kawasan Dabau Matano juga mencuri perhatian banyak orang karena perairannya didiami ikan purba. Mantap sekali, bukan?

 

Danau Purba yang Terbentuk dari Peristiwa Vulkanik – Danau Sano Nggoang

Danau Sano Nggoang merupakan salah satu destinasi wisata alam unggulan di Pulau Flores. Jika memulai keberangkatan dari Labuan Bajo, pelancong dapat menjumpai danau ini dalam jarak kurang lebih 35 kilometer. Danau yang dikelilingi bukit hijau ini kabarnya memliki luas 5.500 hektar.

Saat menyambangi danau ini, Areingers dapat memandang panorama perairan berwarna hijau toska yang asri. Danau Sano Nggoang kabarnya juga masuk dalam deretan danau terdalam di dunia bersama Danau Victoria asal Afrika dan Danau Baikal asal Rusia. Kedalaman danau ini diprediksi melebihi 600 meter. Wow!

Danau Sano Nggoang terbentuk secara alamiah melalui peristiwa letusan gunung jutaan tahun silam. Karakteristik perairannya yang begitu tenang bakal membantu Areingers terbebas dari stres dan penat. Di sini, Areingers berkesempatan menyaksikan momen indah ketika burung dan kawasan bebek melewati danau.

Mengunjungi danau ini tentu bisa jadi aktivitas menarik untuk melupakan hiruk-pikuk suasana perkotaan. Danau Sano Nggoang menyajikan panorama elok yang bakal membuat suasana hati Areingers menjadi lebih baik. Oleh sebab itu, danau ini pantang dilewatkan pelancong yang ingin mendekatkan diri ke alam. Oke, bro?

Danau yang Mempunyai Rasa Tawar dan Asin – Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin kerap dijadikan tujuan wisata oleh pelancong yang hobi berburu pemandangan indah selama traveling. Selain menyajikan panorama eksotis, daya tarik danau ini juga terletak pada perairannya yang mempunyai dua rasa. Unik sekali, bukan?

Areingers bisa mendatangi Danau Labuan Cermin di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur. Air pada permukaan danau ini memiliki rasa asin, sementara bagian dasarnya mempunyai rasa tawar. Berkat keunikan tersebut, tempat wisata ini menyandang sebutan “Danau Dua Rasa”.

Asal-usul nama danau ini sendiri kabarnya terinspirasi dari warna permukaannya yang benik layaknya cermin. Areingers akan dibuat terpesona ketika melihat pantulan cahaya matahari dari atas permukaan Danau Labuan Cermin. Oleh sebab itu, waktu terbaik untuk mengunjungi danau ini adalah saat matahari memancarkan sinar terik.

Kedalaman Danau Labuan Cermin berkisar dari 4 hingga 5 meter. Hal tersebut membuat danau ini cocok dijadikan tempat diving atau snorkeling oleh para wisatawan. Keindahan danau ini dijamin akan menyegarkan pikiran wisatawan atau pelancong yang tengah dilanda penat.

 

Sumber