4 Tips Memilih Sepatu Gunung Yang Baik

Hobi mendaki gunung dinilai keren oleh sebagian orang, mereka berpendapat bahwa tidak semua orang dapat melakukan aktivitas tersebut. Sebelum melakukan pendakian, Areingers harus menyiapkan beberapa kebutuhan yang diperlukan salah satunya adalah sepatu gunung. 

Berikut merupakan tips memilih sepatu gunung yang baik sebagai salah satu persiapan outdoor saat pendakian.

  1. Pilihlah Ukuran Sedikit Longgar

Jangan samakan memilih sepatu biasa dengan sepatu gunung. Jika penggunaan sepatu biasa harus pas di kaki, sedangkan sepatu gunung harus memiliki ukuran yang sedikit besar dari yang biasanya digunakan.

Mengapa demikian? Hal tersebut tentu berguna untuk menghindari jari kaki yang akan  merasa tidak nyaman saat turun gunung. Alasan dari pemilihan sepatu yang sedikit besar juga membuat Areingers dapat mengenakan kaus kaki tebal selama masa pendakian. Kaos kaki ampuh untuk kaki Areingers dari udara dingin di malam hari saat di gunung.

  1. Memeriksa Leher Sepatu

Terdengar sepele memang, namun leher permukaan leher sepatu sangat berpengaruh pada aktivitas mendaki gunung. Areingers harus memastikan bahwa leher sepatu yang akan digunakan memiliki tekstur yang halus. 

Tentu pemeriksaan leher sepatu ada alasannya tersendiri. Ketika mendaki, bawah leher sepatu yang paling sering bergesekkan dengan bawah tumit, jika texturenya kasar maka bisa membuat nyeri dan sakit. 

  1. Sesuaikan Dengan Medan Pendakian

Sebagai salah satu peralatan outdoor yang penting, sepatu gunung harus disesuaikan dengan medan pendakian. Jika Areingers ingin mendaki pada pegunungan di medan pendakian ringan seperti bukit dapat menggunakan sandal gunung berleher pendek. Begitu Pula sebaliknya, jika medan pendakian area yang sulit dan tinggi maka wajib memakai sepatu gunung yang lehernya sedikit tinggi minimal diatas mata kaki.

  1. Kualitas Sol Sepatu

Ada point yang lebih penting lagi yakni kualitas sol sepatu. Areingers wajib memilih sepatu dengan kualitas yang kuat. Fungsi dari sol sepatu yang berkualitas adalah tidak mudah menipis jika sering digunakan, menapak tajam saat berjalan di medan berbatu, dan licin.

Tips memilih sepatu gunung yang baik perlu dilakukan sebagai langkah awal untuk persiapan mendaki gunung. Sepatu gunung menjadi salah satu perlengkapan penting sama seperti alat perlindungan diri.