9 FESTIVAL BUDAYA UNIK YANG BISA DISAKSIKAN DI BULAN JULI 2019

Indonesia dikenal dunia sebagai negara yang kaya akan wisata alam, seni dan budaya. Hal tersebut dapat dibuktikan dari banyaknya festival daerah yang menampilkan pariwisata dan kesenian lokal yang menawan. Apa saja festival budaya unik yang bisa disaksikan di bulan Juli 2019? Cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya!

Untuk mengisi waktu liburan, Areingers bisa mengunjungi berbagai festival budaya unik di berbagai pelosok nusantara. Menyaksikan festival-festival ini tentu akan membuat Areingers lebih dekat dengan Indonesia, mulai dari segi budaya, alam, seni, dan lain-lain. Tak hanya itu, rasa penat Areingers juga bakal berkurang ketika menyaksikan berbagai atraksi dan pertunjukkan unik di festival.

Apa saja festival budaya unik yang bisa disaksikan wisatawan di bulan Juli 2019? Berikut adalah 9 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

 

Festival Parade 1001 Kuda Sandelwood dan Tenun Ikat

Perayaan festival ini ditujukan untuk mempromosikan keindahan Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur. Festival Parade 1001 Kuda Sandelwood dan Tenun Ikat adalah event marketing yang diadakan untuk kepentingan promosi pariwisata. Acara ini tentu tak boleh dllewatkan Areingers yang tertarik mengenal potensi alam Pulau Sumba.

Festival Parade 1001 Kuda Sandelwood dan Tenun Ikat berlangsung dari tanggal 5 hingga 21 Juli 2019. Saat menyambangi festival ini, Areingers bakal melihat keunikan dan keistimewaan pariwisata Pulau Sumba secara lebih dekat. Jangan lupa mendatangi acara ini ya bro!

 

Toraja International Festival

Festival budaya bertaraf internasional ini diadakan dari tanggal 5 sampai 8 Juli 2019 di Toraja, Sulawesi Selatan. Toraja International Festival kabarnya dimeriahkan peserta dari berbagai belahan dunia. Tahun lalu, acara ini diikuti peserta asal benua Eropa, Asia, dan Amerika.   

Hingga sampai saat ini, Toraja International Festival telah memasuki tahun ke-6. Festival ini direkomendasikan buat Areingers yang ingin mempelajari seluk-beluk budaya Toraja. Segera hadiri festival budaya ini ya bro!

 

Festival Bakubung

Saat mendatangi festival ini, wisatawan dapat menyaksikan sejenis tari Bukubung khas Suku Dayak Tomun Lamandau. Keistimewaan tari ini terletak pada kostum yang dikenakan penari, di mana mereka memakai topeng berkarakter hewan unik khusus bernama Luha. Unik sekali, bukan?

Sebutan untuk orang yang membawakan tari Babukung adalah Bukung. Para Bukung diketahui berasal dari desa tetangga atau kelompok masyarakat tertentu. Biasanya mereka menampilkan tari Babukung untuk menghibur keluarga yang tengah berduka.

Pertunjukkan tari ini juga biasanya diikuti dengan acara pemberian bantuan. Festival Bakubung bisa Areingers saksikan pada tanggal 17 Juli 2019. Wisatawan dapat menonton festival ini di Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Sempatkan waktu ke sini ya bro!

Ziarah Kubro

Di Palembang, Areingers bisa melihat acara ziarah kubro yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2019. Perayaan tradisi ini dilakukan dengan mendatangi makam para ulama serta pendiri Kesultanan Palembang Darussalam. Di dalam tradisi ziarah kubro, peziarah diketahui mengunjungi sejumlah makam. Acara ini kabarnya dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut.

 

Mizan Al Sufi

Festival berusia satu dekade ini berawal dari tradisi musik Ki Buyut yang dimanfaatkan sebagai media dakwah bagi iman terbuka. Mizan Al Sufi Festival Musik dan Pertunjukkan diadakan oleh Pesantren Al Mizan Majalengka. Daya tarik festival ini terletak pada beragamnya aliran musik yang ditampilkan.

Saat menyambangi Mizan Al Sufi, Areingers bisa menikmati pertunjukkan musik sufi serta ekspresi seni dari lintas iman. Penonton bakal puas menyaksikan pertunjukkan seni bernuansa religi dari latar tradisi berbeda. Waktu pelaksanaan festival ini adalah tanggal 20 Juli 2019.

 

Toboali City on Fire Sesi 4

Jika penasaran terhadap wajah baru pariwisata Bangka Selatan, Toboali City on Fire Sesi 4 adalah festival yang tak boleh Areingers lewatkan di bulan Juli 2019 ini. Toboali City on Fire Sesi 4 kabarnya digelar untuk menghidupkan kembali sektor Pariwisata dan Budaya. Melalui festival ini, masyarakat diharapkan dapat kembali sadar akan besarnya potensi alam dan budaya bagi perekonomian.

Festival yang mengambil tema budaya, olahraga, tradisi, kompetisi, dan carnival ini berlangsung selama 4 hari berturut-turut. Ada 16 rangkaian acara yang bisa Areingers saksikan di Toboali City on Fire Sesi 4. Wisatawan dapat menonton festival ini dari tanggal 25 hingga 28 Kuli 2019.

 

Jember Fashion Carnaval

    Banyak dari Areingers mungkin sudah pernah mendengar festival satu ini. Saat menyambangi Jember Fashion Carnaval (JFC), wisatawan dapat puas mengamati fashion extravagansa sepanjang kurang lebih 3 kilometer. Kehadiran festival ini sukses membuat daerah Jember dalam peta kota karnaval dunia.

    Diadakan selama 4 hari, JFC menyuguhkan pertunjukkan fashion yang terdiri atas kategori pameran, anak, aneka adat, dan konvensi fashion. Festival ini kabarnya digagas oleh seniman dan pendidik bernama Dynand Fariz. Areingers bisa menyaksikan festival ini dari tanggal 30 Juli hingga 4 Agustus 2019 di Jember, Jawa Timur.

     

    Festival Pesona Bunaken

      Pulau Bunaken juga memiliki acara budaya yang tak kalah menarik dengan festival di daerah lainnya, yakni Festival Pesona Bunaken. Festival ini merupakan wujud upaya pelestarian sumber daya alam bawah laut dan seni budaya. Festival Pesona Bunaken diharapkan warga setempat mampu menarik perhatian wisatawan sehingga dapat membangkitkan sektor perekonomian. Wisatawan dapat melihat festival ini dari tanggal 26 hingga 29 Juli 2019 di Pulau Bunaken.

       

      Solo Batik Carnival

        Festival ini direkomendasikan buat Areingers yang mengagumi keindahan kain batik Solo. Jika dilihat dari segi perkembangan sejarah budaya, batik Solo telah melatari pertumbuhan tradisi batik di berbagai daerah nusantara.  Di acara Solo Batik Carnival, Areingers dapat melihat presentasi mengenai potensi batik di beragam sektor. Festival ini bisa disaksikan wisatawan dari tanggal 26 hingga 28 Juli 2019.

        Demikian 9 festival budaya nusantara yang bisa Areingers saksikan di bulan Juli 2019. Keunikan tema yang diangkat masing-masing festival tentu menarik untuk diikuti wisatawan. Areingers tentu bisa memanfaatkan acara ini untuk lebih mengenal seluk-beluk budaya daerah. Setuju ‘kan bro?

         

        Source: kompas.com