Awan Melingkar di Puncak Gunung

Terdapat fenomena yang dapat dilihat oleh mata telanjang di daerah pegunungan. Apakah itu? Fenomena ini melibatkan awan yang ada di area puncak gunung tersebut. Ada beberapa masyarakat yang mempercayai bahwa awan melingkar tersebut berkaitan dengan bencana alam di sekitar gunung. Kepercayaan tersebut diperkuat pada saat awan melingkar ada di puncak gunung Merapi, dan BPPTKG menaikkan status gunung Merapi ke siaga.

Nah, ternyata. Awan melingkar pun tidak hanya terjadi di atas gunung Merapi saja, Pada waktu bersamaan juga Gunung Sindoro, Merbabu dan juga Lawu pun dinaungi oleh awan melingkar. Ternyata fenomena ini adalah fenomena yang tidak berbahaya. Awan ini dinamakan Awan Altocumulus Lenticularis. Dan tidak ada kaitannya dengan naiknya status siaga di Gunung Merapi. Aktifitas gunung Merapi adalah aktifitas dan fenomena geologi. Dan Awann Lenticularis tersebut termasuk fenomena meteorologi.

Awan Lenticularis tersebut terjadi karena gelombang gunung atau angin yang lapisan atasnya sangat kuat, dari sisi gunung tersebut membentur dinding pegunungan. Alhasil, Kondisi ini pun menimbulkan turbulensi di sisi gunung lainnya dan menimbulkan bentuk awan seperti pusaran. Sekilas bentuk tersebut seperti topi. Fenomena yang indah dan wajib diabadikan.

// //