Bawa Tumbler Saat Naik Gunung, Kurangi Sampah Plastik

Aktivitas outdoor, seperti trekking atau mendaki gunung, kini mulai menjamur berbagai kalangan, terutama dari usia muda. Saat mendaki gunung, dibutuhkan persiapan yang sangat matang, dari segi fisik, perjalanan, bahkan hingga ke urusan perbekalan, seperti makanan dan minuman. Soal perbekalan, masalah minuman akan berada satu tingkat lebih penting dibanding soal makanan. Mendaki gunung adalah aktivitas yang berat sehingga akan lebih mudah membuat dehidrasi. Fisiologis manusia lebih memungkinkan untuk menahan lapar dibanding menahan haus. Jadi, air minum menjadi urusan yang penting. Saat ini, sangat direkomendasikan untuk membawa tumbler saat naik gunung sebagai peralatan outdoor. Mengapa?

Lebih baik bawa tumbler

Air minum dapat dikatakan menjadi salah satu perlengkapan pentimg yang harus anda persiapkan saat mendaki gunung. Air minum memiliki banyak kegunaan, selain untuk minum dan menghilangkan dehidrasi, adalah untuk keperluan memasak. Biasanya, para pendaki gunung akan membawa botol minuman plastik sekali pakai yang banyak ditemukan di toko-toko. Ukuran yang dibawa pun adalah yang paling besar, yaitu ukuran 1 liter dengan jumlah sekitar 2-3 botol.

Namun, sekarang, konsep pendakian zero waste mulai digalakkan oleh banyak orang, baik pihak pendaki maupun pihak pengelola gunung. Konsep zero waste sangat penting dilakukan karena saat ini jumlah sampah plastik secara umum sudah dalam jumlah yang besar. Sampah plastik sendiri adalah sampah yang sangat sulit diurai. Selain itu, sampah plastik di gunung akan mengurangi estetika keindahan gunung itu sendiri. Sampah plastik juga akan mengurangi esensi pendaki gunung yang cinta alam karena justru mengotori dan merusak alam.

Oleh karena itu, membawa tumbler saat naik gunung menjadi opsi terbaik dalam menyimpan air minum. Tumbler, tidak seperti botol plastik air minum, sangat aman untuk digunakan berkali-kali. Selain itu, tumbler juga akan sangat mengurangi jumlah sampah plastik di area pendakian gunung. Hal tersebut akan membuat kelestarian alam dan gunung yang anda kagumi tetap terjaga.

Memilih tumbler untuk pendakian

Terdapat beberapa tips yang dapat anda pakai dalam memilih tumbler saat pendakian. Pertama adalah soal material yang digunakan atau jenis tumblernya. Anda bisa memilih tumbler berbahan PET atau stainless steel/aluminium. Bahan PET akan lebih ringan dibanding stainless steel, tetapi stainless steel memiliki durability yang lebih baik. Terdapat banyak ukuran yang dijual dipasaran, bahkan hingga ukuran 1 atau 2 liter (sesuai kebutuhan umum pendaki). 

Namun, demi kenyamanan, anda dapat membeli tumbler dengan ukuran yang lebih kecil dengan jumlah volume yang hampir sama. Contoh, anda dapat membeli 4 tumbler dengan ukuran 500 ml supaya mendapatkan volume 2 liter. Opsi lainnya untuk membawa tumbler saat naik gunung adalah membawa water bladder atau hydration pack. Tempat minum ini dapat anda gunakan langsung saat mendaki. Anda dapat mengecek Instagram Arei untuk mendapatkan tumbler yang berkualitas.