Belajar Buat Filter Air, Yuk!

Areingers, pernah gak sih ada berada di kondisi kesusahan mencari air mengalir pas lagi di gunung atau di alam liar? Cara terbaik yang mungkin akan kamu lakukan adalah mencari sungai atau sumber air terdekat. Tapi, gak menutup kemungkinan kalau ternyata di sekitar kamu gak ada sama sekali sungai atau sumber air. Dalam kondisi seperti ini, kamu bisa bikin filter air portabel dengan cara ini:

  • Cari botol atau wadah kosong

Kalau kamu ada botol minum yang sudah habis, bisa banget dipakai ya. Kalau tidak ada, kamu tetap bisa pakai botol atau wadah apapun di sekitar kamu.

  • Buat Lubang Kecil di Bagian Bawah Botol atau Wadah

Kamu bisa pakai benda yang cukup tajam untuk buat lubang di bagian bawah botol atau wadah tadi. Pastikan kamu melubanginya dengan hati-hati!

  • Isi Botol atau Wadah Tadi dengan Susunan Batu Kerikil, Pasir Kasar, Arang, Pasir Halus

Nah, Areingers. Setelah melubangi bagian bawah botol atau wadah tadi, kamu bisa isi dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas masing-masing sebanyak 5 ml. Fungsi mereka di sini adalah sebagai filter atau penyaring si air.

  • Tambahkan Air ke Lapisan Paling Atas

Kamu tinggal isi botol tadi dengan air di lapisan yang paling atas yaitu lapisan pasir halus. Air yang kamu isi akan tersaring melalui semua lapisan tadi. Kamu tinggal mengumpulkan air yang keluar dari lubang yang sudah kamu buat di awal. Tapi ingat, ya! Buat filter ini jika kamu memang yakin dan saat terpepet saja karena arang bisa menyerap beberapa racun walaupun masih relatif kasar.

// //