Bukan Di Gunung, Tapi Daerah-daerah ini punya suhu yang cukup dingin!

Indonesia memang terkenal sebagai salah satu negara tropis di dunia dengan bentangan alam nan indah serta luas. Memang sebagian besar wilayahnya memilki iklim atau cuaca yang panas, namun apakah Areingers sudah tahu kalau di negara ini juga terdapat beberapa daerah dengan suhu udara dingin? Bahkan bisa menyentuh di bawah 10 derajat celcius loh.

Yaap, kalau Areingers jalan-jalan mengelilingi pulau-pulau di Indonesia pasti ada saja kawasan yang berada di ketinggian dan memilki kondisi udara dingin. Mulai dari Sabang hingga Merauke memang terdapat beberapa kawasan dengan suhu udara dingin sehingga Areingers disarankan untuk menggunakan jaket ketika jalan-jalan ke sana.

Nah, daripada Areingers semakin penasaran terhadap beberapa pilihan kota-kota tersebut, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga Areingers bisa mendapatkan destinasi wisata Areingers berikutnya dengan nuansa serta suasana dingin.

 

Kawasan Terdingin di Indonesia – Mulia, Puncak Jaya, Papua

Untuk pilihan pertama seputar tempat atau kawasan di Indonesia dengan cuaca nan dingin, coba deh untuk jalan-jalan ke Papua, tepatnya di Kota Mulia di Kabupaten Puncak Jaya Wijaya. Kawasan ini memiliki daratan seluas 883 km persegi dan berada pada ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut. Konon katanya ini merupakan kota terdingin yang ada di Indonesia.

Walaupun berada di daerah ketinggian, namun Areingers masih bisa menemukan pemukiman penduduk loh di sana, kurang lebih terdapat 24.649 jiwa yang menghuni kawasan ini. Sehingga pada saat Areingers berada di sana, Areingers tidak akan kesepian serta bisa berkomunikasi dengan penduduk sekitar.

Percaya atau tidak, ketika malam hari kota ini memiliki suhu udara yang bisa mencapai 9 derajat celcius. Bahkan cuacanya bisa berubah drastis hingga menyentuh titik beku. Alasan utama yang membuat kota ini begitu dingin ialah dari letaknya yang tidak begitu jauh dari Pegunungan Jaya Wijaya. Selain dingin, curah hujan di kota ini juga sangat tinggi.

 

Kawasan Terdingin di Indonesia – Waghete, Deiyai, Papua

Masih berasal dari kawasan Papua, Areingers bisa mendapatkan kota dengan suhu cukup ekstrem dinginnya, sehingga memang Papua sendiri merupakan tujuan yang tepat ketika Areingers sedang mengincar kawasan-kawasan dingin di Indonesia.

Bayangkan saja, di Kota Waghete sendiri pada saat siang hari cuacanya bisa menyentuh 15 derajat celcius. Pada malam hari bisa mencapai suhu hingga 10 derajat celcius. Tentunya bisa dibayangkan enggak sih kondisinya, pakaian tebal, jaket hingga berlapis pun menjadi sahabat Areingers ketika berada di kota kecil ini.

Kalau memang mau dibandingkan dengan cuaca kota pada umumnya di Indonesia yang hanya menyentuh suhu sekita 32-35 derajat celcius, tentunya Kota Waghete sendiri memiliki cuaca yang cukup ekstrem bukan?

 

Kawasan Terdingin di Indonesia- Berastagi, Karo, Sumatera Utara

Berikutnya bila membicarakan mengenai kawasan terdingin di Indonesia, coba Areingers untuk bertolak ke Sumatera Utara. Yaap, tempat di mana sebagian suku Batak bermukim ini ternyata juga memilki sebuah kawasan dengan suhu cukup ekstrem dinginnya.

Kawasan tersebut ialah Berastagi dan ternyata kawasan ini juga merupakan tujuan wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri loh. Berastagi yang terletak di Kabupaten Karo ini berada di ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut.

Daerah yang diapit oleh Gunung Sibayah dan Gunung Sinabung ini juga memiliki bentangan alam indah. Percaya atau tidak, kedua gunung tersebut masing sering aktif loh. Bukan hanya itu saja, ketika Areingers jalan-kalan di Berastagi, Areingers juga bisa menghampiri Air Terjun Sikulika, desa-desa tua seperti Desa Lingga dan Tongko.

 

Kawasan Terdingin di Indonesia – Gayo Lues, Aceh

Masih tak begitu dari Sumatera Utara, terdapat juga kawasan dengan cuaca terdingin di Indonesia. Tepat terletak di Gayo Lues, Aceh. Yaap, kabupaten yang terletak di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam ini memang dikenal akan produksi kopinya yang sudah mendunia yaitu jenis kopi Gayo.

Kabupaten Gayo Lues sendiri tepat berada di ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut dan merupakan lokasi jalur pendakian menuju Gunung Leuser. Sehingga ketika Areingers berencana untuk jalan-jalan ke sana, jangan lupa untuk menyediakan baju hangat atau tebal yaa.

Yaap, seperti apa yang sudah dikatakan di atas kalau kawasan Gayo Lues ini terkenal sebagai tempat produksi kopi ternikmat, lokasi ini juga tak kalah terkenalnya dengan pesona alamnya yang indah dan juga terdapat pemandian air panas di Puri Betung. Akan sangat nikmat sekali, berada di kawasan dengan suhu ektrem dinginnya lalu Areingers menyeburkan badan Areingers ke air panas.

 

Kawasan Terdingin di Indonesia – Baturaden, Purwokerto, Jawa Tengah

Siapa bilang kalau di Pulau Jawa tidak terdapat kawasan dengan cuaca ataupun suhu udara sangat dingin? Karena Baturraden merupakan salah satu buktinya, sebagai kota di Kabupaten Purwokerto Areingers bisa menemukan sebuah daerah di daerah pegunungan dengan ketinggian mencapai 980 meter di atas permuakan laut.

Kota kecil yang berada di sebelah selatan dari Gunung Slamet yang membuatnya memiliki udara sangat sejuk saat siang dan dingin saat malam hari. Selain dingin, kawasan ini juga memilki banyak sekali tempat wisata nan indah. Beberapa diantaranya ialah Air Terjun Pancuran Pitu dan Pancuran Telu.

Kedua air terjun tersebut dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit jika Areingers mandi dengan airnya. Selain itu di Baturraden juga terdapat bumi perkemahan yang pernah digunakan sebagai tempat Jambore Nasional. Sehingga jangan sampai melewati kawasan kota ini apabila Areingers mengincar kawasan terdingin di Indonesia.

 

sumber