Cara Melindungi Diri dari Kabut Asap

saat ini banyak sekali terjadi kebakaran Hutan, seperti yang kita ketahui di daerah saudara-saudara kita terjadi kebakaran Hutan di Riau, Kalimantan dan sekitarnya. belum lagi yang terjadi di beberapa gunung, Pilu rasanya mimin mendengar beberapa berita tersebut. Akan tetapi, kita sebagai manusia sosial tidak perlu menyalahkan ke satu dua pihak. Yang paling penting untuk saat ini adalah bagaimana caranya kita melindungi diri dari Kabut Asap akibat kebakaran Hutan yang terjadi di beberapa tempat di Indonesia.

Kebakaran hutan bisa dipicu oleh beberapa hal, selain dari oknum pembakaran yang tidak bertanggung jawab kita juga harus melihat ke beberapa kondisi cuaca di daerah yang mengalami kebakaran hutan tersebut. inilah beberapa cara melindungi diri dari Kabut Asap.

1. Hindari aktifitas diluar rumah.


Terutama bagi kalian yang memiliki penyakit paru-paru seperti asma dan juga penyakit jantung. Kabut asap mengandung beberapa unsur yang dapat membuat penyakit yang kalian miliki kambuh, Jadi Areingers wajib mengurangi aktifitas di luar rumah nya ya.

2. Menggunakan masker apabila harus keluar rumah.


Jangan sampai Areingers terkecoh dengan kondisi kasat mata yang ada di daerah rawan asap beracun. Walaupun terlihat jarak pandang sudah mulai membaik, tapi alangkah baiknya kalian harus tetap menggunakan masker atau buff supaya tetap aman.

3. Minum Air Putih sebanyak mungkin.


Air putih mengandung O2 yang dibutuhkan oleh tubuh kita, sedangkan daerah kabut asap biasanya kualitas Oksigen yang dimilikinya sangat rendah, hanya dengan meminum air putih yang banyak kita bisa setidaknya memberikan kenyamanan bagi tubuh kita.



4. Mencuci seluruh bahan makanan yang akan dimasak.


Areingers harus perhatian dengan bahan makanan yang akan kalian konsumsi, cucilah dengan bersih bahan makanan tersebut karena bisa jadi sudah terkontaminasi dengan udara yang buruk di sekitar daerah rawan asap. Dengan begitu, tubuh kalian tetap mendapatkan asupan makanan yang bergizi baik.

5. Perhatikan Penampungan Air kalian.


Tutup rapat-rapat tempat penampungan air yang kalian miliki, karena air adalah hal yang sangat kita butuhkan tiap harinya, alangkah lebih baik lagi jika para Areingers selalu memperhatikan hal tersebut, karena jika tidak, selain penyakit pernafasan yang menjadi dampak negatif, kalian bisa terkena penyakit kulit. Maka Areingers jaga baik-baik tempat penampungan air yang kalian miliki.


Itulah beberapa tips untuk kalian yang berada di daerah rawan asap. Bagi saudara-saudara kita yang ada di Riau, Kalimantan dan beberapa daerah yang terkena musibah kebakaran hutan, mudah-mudahan masalah ini cepat tertanggulangi dan kita bisa bernafas dengan baik. Untuk para netizen yang budiman, mimin harapkan untuk bersikap kooperatif membantu pemerintah karena tidak semuanya harus kita limpahkan ke pemerintah pusat atau setempat. Jangan takut untuk melapor jika kalian melihat pembakaran hutan liar atau penebangan hutan. Jangan takut untuk Ber-Aksi. Salam Lestari.