Cara Mencuci Tenda Yang Benar

Tenda adalah barang yang selalu pendaki bawa setiap melakukan pendakian di gunung manapun. Tenda adalah hal yang sangat penting yang harus dijaga oleh para pendaki, baik perorangan, atau grup. Tenda adalah pertahanan, pelindung, dan juga rumah bagi para pendaki. Seperti halnya rumah pada umumnya, tenda juga harus di jaga dan di rawat. Ini dia tips dari mimin untuk Areingers, cara mencuci tenda yang benar.

- Dirikan Tenda Setelah Pemakaian

Kalian bisa mendirikan tenda di tempat dimana kalian akan mencuci, bisa di teras rumah, bisa juga di lahan kosong, yang pasti, dirikan tenda seperti halnya kalian mendirikan tenda di gunung, pilih tempat yang datar untuk mendirikannya ya..

- Bersihkan Kotoran di Dalam Tenda

Kalian bisa memiringkan tenda, mengelap bagian dalam yang berbahan terpal, dengan menggunakan kanebo, atau lap kering, Ini guna membersihkan sisa-sisa kotoran yang ada di dalam tenda ya.. jadi wajib kalian mengeluarkan semua kotoran di dalamnya, agar saat penggunaan selanjutnya menjadi nyaman.

- Basahi Bagian Luar Tenda

Nah, ini dia nih.. menu utama nya. Semprot bagian luar tenda dengan air secukupnya. Bersihkan tenda tanpa menggunakan sabun, Kalian bisa lihat bagian-bagian kotor dari tenda, semprot dan lap menggunakan lap untuk membersihkannya sampai bersih. Kenapa tidak menggunakan sabun? karena jika kalian menggunakan sabun, kemungkinan besar akan merusak material tenda, jadi tidak direkomendasikan membersihkan tenda menggunakan sabun. Semprot tenda menggunakan tekanan rendah ya, karena lapisan seam tape yang ada di setiap sambungan tenda itu bisa terlepas jika kalian menyemprot menggunakan air bertekanan tinggi.

- Jemur Tenda di Tempat Teduh

Setelah semua bagian tenda basah dan bersih, kalian wajib untuk mengeringkannya terlebih dahulu sebelum melipatnya. Tapi jemur di tempat teduh, jangan di tempat yang terlalu terik. Biarkan tenda terkena angin dan kering dengan sendirinya, kalian tidak perlu repot mengelap tenda menggunakan kanebo, itu tidak perlu.

- Membersihkan Pasak, Frame dan Tali Pancang

Setelah bagian luar tenda kering, waktunya kalian membersihkan aksesoris tenda seperti pasak, frame dan juga tali pancang. Pasak adalah aksesoris tenda yang sering sekali rusak, maka periksa kembali pasak-pasak kalian, jika ada yang bengkok, cobalah luruskan kembali menggunakan palu, dan jangan lupa untuk hitung jumlah pasak, jangan sampai saat kalian menggunakannya, ada pasak yang kurang. Bersihkan pula frame, biasanya di ujung frame terdapat tanah, Tali pancang juga wajib kalian bersihkan, agar kalian dapat menggunakannya dengan baik di kemudian hari.

- Periksa Sebelum Melipat

Setelah semuanya selesai, kalian dapat memeriksa kembali setiap bagian tenda, jangan sampai ada yang tertinggal untuk dilipat di masukkan ke tempatnya. Pastikan setiap layer kering, pastikan seluruh pasak lengkap, dan frame dalam keadaan bersih.

Itulah tips untuk kalian, setelah kalian melakukan hal diatas, kalian dapat menggunakan tenda itu kembali dengan nyaman. Segera atasi masalah tenda kalian seperti bocor, seam tape yang terlepas, pasak yang hilang saat kalian membersihkan tenda, karena lebih baik mencegah daripada mengobati, dan juga lebih baik memperbaiki sebelum dipakai dibandingkan nanti saat tenda berdiri di gunung, kalian mendapatkan masalah yang serius. Salam Lestari.