Cari Ukuran Carrier yang Pas Untuk Kamu

Carrier adalah salah satu perlengkapan  mendaki gunung yang tidak boleh terlewatkan. Dalam pendakian kita tidak boleh membawa sembarang jenis tas. Carrier adalah jenis peralatan outdoor yang wajib ada di setiap pendakian. Dalam memilih jenis carrier, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Salah memilih carrier dapat menimbulkan cedera pada punggung, pundak ataupun pinggul. Carrier yang tepat juga kan membuat pendakian terasa nyaman.

Mencari ukuran yang pas 

Carrier untuk pendakian gunung dibedakan dari satuannya yaitu menggunakan ukuran liter. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih carrier yang tepat untuk kamu.

  1. Lama pendakian

Lamanya pendakian akan berpengaruh terhadap berapa banyak logistik  serta peralatan yang akan kita bawa.  Semakin lama pendakian, akan membutuhkan logistik dan peralatan yang lebih banyak yang artinya membutuhkan carrier yang lebih besar. 

  1. Siapkan peralatan

Untuk mencari tahu ukuran yang sesuai untuk kebutuhan pendakian mu, siapkan terlebih dahulu peralatan dan logistik. Seberapa banyak peralatan dan  logistik yang dibawa akan menentukan berapa volume carrier yang diperlukan.  

Penggunaan ultralight  Arei outdoor gear, bisa mengurangi beban dan ukuran carrier. Ultralight gear biasanya memiliki berat yang lebih ringan serta lebih ringkas.

  1. Pembagian beban

Jika melakukan pendakian berkelompok, beban peralatan dan logistik akan dibagi kepada seluruh anggota kelompok. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap ukuran carrier yang dibawa.  Untuk anggota kelompok yang membawa tenda misalnya, lebih baik membawa carrier dengan ukuran diatas 30 liter karena tenda membutuhkan banyak tempat di dalam carrier.

  1. Berat badan

Hitungan idealnya adalah 1 orang dapat membawa beban maksimal 1/3 dari ukuran tubuhnya.  Ketika beban yang dibawa melebihi jumlah tersebut maka dapat mengakibatkan cedera. Beban yang berlebihan akan membuat pendaki cepat lelah karena tenaga yang terkuras cepat. 

  1. Porter

Porter bertugas membantu membawa beban carrier mu, sekarang makin banyak porter yang bisa dijumpai di gunung-gunung. Dengan menyewa porter tentu saja bebanmu akan terasa lebih ringan karena kamu hanya harus membawa daypack, namun kamu juga harus menyediakan budget lebih untuk membayar jasa porter  tersebut.

  1. Jenis gunung

Kamu harus tahu kondisi gunung yang akan kamu daki, beberapa gunung memiliki sumber air yang sangat terbatas. Kamu akan membutuhkan carrier yg lebih besar untuk membawa cadangan air yang dibutuhkan.

Mendaki gunung memang menyenangkan namun bukanlah hal sepele. Maka dari itu persiapan yang matang terutama dalam memilih carrier akan mempermudah pendakian dan meminimalisir cedera. Pilah dan pilih barang yang memang penting dan hindari membawa barang yang tidak diperlukan. Selamat mendaki!