Cendrawasih : Sang Burung Dari Surga

Burung Cenderawasih merupakan anggota famili Paradisaeidae dari ordo Passeriformes. Burung ini biasanya ditemukan di Indonesia bagian timur, seperti Papua. Ada juga di Papua Nugini, pulau-pulau selat Torres, dan Australia Timur.

Cenderawasih adalah burung yang menyandang status sebagai Bird of Paradise atau burung dari surga karena keindahannya diibaratkan turun dari surga. Burung ini menjadi salah satu sumber alam yang menjadi kebanggaan rakyat Papua.

Namun, kian hari sang burung dari surga ini kian langka dan jarang ditemui. Karena perburuannya yang sangat masif membuat banyak orang memburu untuk diambil bulunya yang indah itu.

Hal yang indah memang selalu menjadi sorotan. Namun apakah tidak cukup keindahan dari surga yang ditawarkan oleh burung cendrawasih dilihat oleh mata kita saja tanpa kita miliki? Karena keindahan yang sejati itu adalah ketika kita melihat sesuatu tanpa bisa kita miliki.

Areingers, semoga kita selalu peduli terhadap konservasi alam ya, sehingga alam kita selalu terjaga dan terawat hingga waktu yang akan datang.

// //