Edelweiss dan Seisinya

Edelweiss, Areingers pasti tau kan bunga Edelweiss? pasti tau dong ya.. Edelweiss adalah tumbuhan endemik zona alpina/montana yang berada di daerah-daerah pegunungan. Nama Edelweiss merupakan gabungan dari dua kata, dalam bahasa German, edel yang berarti "mulia/agung" dan weiss yang berarti "putih". Tumbuhan ini adalah tumbuhan yang dapat ditemukan pada umumnya di ketinggian 1700 sampai 2700 meter. Tetapi, tumbuhan ini bisa tumbuh di jenis tanah tertentu, jadi nggak sembarangan nih..

Nah, tahukah Areingers, bahwa Edelweiss yang ada di Indonesia ini, merupakan Edelweiss yang sangat berbeda dari Edelweiss di pegunungan di negara lain. Edelweiss yang ada di Indonesia memiliki nama latin Anaphalis Javanica atau lebih populer dengan sebutan Edelweiss Jawa. Bunga-bunga yang indah ini biasa muncul di bulan April dan Agustus.

Bunga Edelweiss ini sangat istimewa, saking istimewanya, bunga Edelweiss ini dijadikan simbol di sebuah koin dan merupakan bunga Nasional negara Austria. Bahkan bukan hanya simbol, tetapi bunga ini dijadikan sebagai logo. Setelah ditelusuri, fakta menarik dari bunga Edelweiss ini adalah bunga ini merupakan salah satu bunga favorit dari Adolf Hitler dan dijadikan sebagai simbol Wehrmacht (Angkatan bersenjata Nazi-German sejak tahun 1935 sampai 1945)

 

Tidak hanya itu, Fakta menarik lain dari Edelweiss sangat banyak. Salah satunya juga menjadi nama sebuah maskapai asal Swiss. Wah, istimewa sekali ya bunga Edelweiss ini. Sampai-sampai mimin banyak sekali menemukan fun fact tentang Edelweiss. Di Indonesia, bunga Edelweiss Jawa pernah dijadikan sebuah gambar pada perangko oleh Pos Indonesia pada tahun 2003.

Nah, Areingers. Jika bunga ini adalah salah satu bunga yang istimewa dan sampai dijadikan sebuah logo, sebuah simbol, bahkan salah satu bunga terfavorit sepanjang masa oleh rekan-rekan yang senang mendaki. Maka kita harus menjaga kelestariannya ya.. Tidak boleh dirusak dan tidak boleh dipetik. Edelweiss Jawa pernah dinyatakan sebagai tumbuhan yang langka, dan pernah juga dinyatakan punah. Kalian nggak mau itu terjadi kan? maka dari itu, mari kita lestarikan bersama-sama ya Areingers. Salam Lestari!