Fakta-fakta mengenai Sesar Lembang

 

Patahan lembang atau sesar lembang merupakan sebuah patahan geser aktif yang terletak di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Sebagai petualang alam areingers wajib tahu nih mengenai sesar lembang ini! Berikut fakta-faktanya..


1.Panjang Sesar Lembang

Sudah ditentukan dan diteliti bahwa panjang sesar lembang adalah sekitar 29 km yang memperkirakan terbentang dari daerah Padalarang, Ngamprah, Cihideung, Lembang, Cimenyan, Cipanjalu, Cilengkrang, hingga daerah timur Kabupaten Bandung.


2.Potensi Kerusakan

Kerusakan yang bisa terjadi dari gempa yang diakibatkan oleh patahan atau sesar lembang ini dapat berdampak buruk pada Bandung dan Sekitarnya. Bahkan sebuah studi mengatakan bahwa gempa ini bisa mengakibatkan kerusakan yang fatal di Bandung Raya.


3.Penanggulangan dan Pencegahan Bencana

Penanggulangan bencana di area sesar lembang sedang disiagakan di sekitaran Bandung Raya. Banyak komunitas-komunitas yang concern terhadap kekhawatiran yang akan ditimbulkan oleh sesar lembang ini.
Nah, bagi areingers semua terutama yang berada di sekitaran Bandung Raya untuk selalu waspada dan berhati hati sembari terus menjaga keberlangsungan dan kesehatan lingkungan agar bisa waspada apabila dikemudian hari aktivitas sesar lembang ini kembali meningkat. Stay safe selalu yaa areingers!

// //