First Aid Kit yang wajib dibawa saat mendaki gunung! Pendaki Wajib Simak ini!

 

First Aid kit adalah suatu hal yang sangat penting saat kita bepergian kemanapun dan dimanapun, karena sebuah kecelakaan entah itu ringan maupun berat kita tidak mengetahui kapan itu akan terjadi. Ada baiknya kita mengenatisipasi hal tersebut dengan menyiapkan segala kemungkinan yang bisa terjadi, tanpa terkecuali alat pertolongan pertama atau first aid kit. Apa saja sih yang diharuskan ada dalam First Aid Kit ini terutama saat mendaki gunung? Yuk simak dibawah ini!

  1. Obat Merah atau Obat Antiseptik
https://betadine.co.id/product/wound-care/betadine-antiseptic-solution

Obat ini tentunya wajib dimiliki dan dibawa saat mendaki, karena apabila kita mengalami luka goresan terjatuh ataupun tergores benda tajam, obat ini menjadi penolong pertama dalam meredakan luka tersebut. Oleh karena itu, obat ini sangat krusial untuk dibawa dalam hal antisipasi sebuah kecelakaan saat pendakian.

  1. Kain Kasa
<a href='https://www.freepik.com/photos/people'>People photo created by freepik - www.freepik.com</a>

Kain kasa ini berguna untuk membalut sebuah luka yang sudah diobati menggunakan obat merah atau obat antiseptic diatas tadi. Kain kasa ini berguna untuk menutupi luka agar meminimalisir dari kontaminasi udara dan debu saat perjalanan mendaki.

  1. Plester
https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.carlroth.com%2Fcom%2Fen%2Fplasters-dressings-plaster-dispenser%2Fsurgical-tape-leukoplast%2Fp%2Fn533.1&psig=AOvVaw2qo43Qs2SLWlnZ1V9wqWZ3&ust=1642068859888000&source=images&cd=vfe&ved=0CAsQjRxqFwoTCPC3xL_8q_UCFQAAAAAdAAAAABAD

Plester ini digunakan untuk menutupi luka yang kecil setelah melalui pembersihan menggunakan air mengalir maupun obat antiseptic, plester dibutuhkan karena untuk meminimalisir kontaminasi debu juga seperti kain kasa, namun skala luka yang bisa ditutupi oleh plester itu relatif lebih kecil.

  1. Obat-obatan tambahan
https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.rrp.com.au%2Fblog-factsheet-first-aid-paracetamol%2F&psig=AOvVaw0dm7xL3Zp6kxFkohZObLe-&ust=1642068694803000&source=images&cd=vfe&ved=0CAsQjRxqFwoTCJie2u_7q_UCFQAAAAAdAAAAABAU

Untuk obat-obatan tambahan ini bersifat fleksibel ya areingers! Disesuaikan dengan kebutuhan masing masing anggota regu pendakian saja. Namun obat anti masuk angin, obat alergi dingin apabila ada yang alergi sangat direkomendasikan untuk dibawa.

Itulah beberapa First Aid Kit yang perlu dibawa sebagai antisipasi kecelakaan ringan saat mendaki gunung, tetap jaga Kesehatan kalian ya areingers!

// //