Gimana Caranya Biar Bisa Tahu Kalau Air di Hutan Bisa Diminum?

Pas kamu lagi menjelajah di alam luar, kamu harus selalu bersiap sama semua kemungkinan terburuk yang terjadi. Salah satunya, kalau kamu kehabisan air minum.

Untungnya, nemuin air yang aman dikonsumsi cenderung mudah selama kamu paham sama risikonya. Ingat! Walaupun kamu bisa nemuin air dengan mudah, kamu hanya boleh minum dari sumber alam jika benar-benar diperlukan karena air yang jernih juga belum tentu bisa dikonsumsi, loh.

Beberapa jenis air yang aman dikonsumsi adalah air mengalir seperti air sungai, air dari air terjun, air tanah, dan air hujan. Nah, gimana cara dapetinnya? Trik gampangnya adalah dengan dengerin baik-baik suara air mengalir di sekitar kamu. Kalau udah yakin, kamu bisa ikutin sumber suara tersebut.

Sebaliknya, kalau kamu gak mau ambil risiko, kamu harus siap prepare untuk membawa air yang cukup selama perjalanan tersebut. Biasanya, dua liter per orang per harinya. Dan jangan lupa, kalau kamu tersesat atau terdampar, tujuan utama kamu adalah tetap terhidrasi untuk bertahan hidup sampai kamu mendapatkan pertolongan. Selamat berpetualang!

// //