Gunung Berapi dan Manfaat keberadaannya.

Seperti yang Areingers tahu, Gunung berapi yang ada di Indonesia ini tidak hanya satu sampai dua gunung saja. Tapi banyak sekali gunung berapi yang berstatus aktif yg ada di sekitar kita. Yang paling terkenal adalah Gunung Merapi di area Yogyakarta. Nah, Areingers. Apakah kalian tahu bahwa gunung berapi ini mempunyai manfaat yang besar untuk warga dan alam sekitarnya? pasti penasaran kan.. yuk kita bahas satu persatu.

- Menyuburkan Tanah di Sekitarnya.


Salah satu manfaat dari gunung berapi adalah menyuburkan tanah. Abu Vulkanis yang dikeluarkan oleh gunung api saat terjadi erupsi ini dapat menyuburkan tanah di sekitar wilayahnya, Abu Vulkanik ini mengandung unsur hara tanaman. Jadi Areingers, di sekitar gunung berapi itu biasanya tanahnya subur, dan banyak sekali petani-petani yang memanfaatkan semua itu. Tanah dari letusan gunung berapi juga dapat menghasilkan habitat baru untuk hewan-hewan dan juga tumbuhan. Tidak heran kan, wilayah sekitarnya tampak hijau setelah terjadinya erupsi.

- Mendinginkan Atmosfer Bumi.


Menurut penelitian yang ada, Gas sulfur yang dihasilkan oleh letusan dari gunung berapi ini berkontribusi besar untuk atmosfer bumi, karena dapat memperkecil kemungkinan terjadinya pemanasan global di wilayah tersebut. Ketika gunung berapi ini meletus, mutahan gas sulfur yang melayang dan bercampur dengan air di stratosfer inilah yang membantu untuk mendinginkan atmosfer. Reaksi kimia itulah yang akan menghasilkan tetesan air mikroskopik yang menetap di stratosfer selama bertahun-tahun dan suhu di atmosfer akan berkurang sekitar setengah hingga 1 derajat. Angka tersebut terlihat keci, tapi berdampak untuk atmosfer bumi kita.. Nggak nyangka kan?

- Penghasil Bahan Mentah


Bahan mentah seperti emas, sulfur, dan tembaga tersedia karena ada aktivitas vulkanik gunung berapi. Material-material tersebut biasa digunakan oleh kita, untuk perhiasan, bahan bangunan dan ada juga beberapa bebatuan yang dibawa oleh Letusan tersebut yang menjadi sumber pendapatan untuk warga setempat. Nah biasanya, pasir-pasir juga menjadi bahan-bahan untuk bangunan yang dapat digunakan dan di manfaatkan untuk masyarakat setempat.

Itulah beberapa manfaat dari Gunung Berapi nih Areingers. Nah, selain kita selalu mengirimkan do’a dan bantuan untuk warga setempat yang terkena bencana ketika gunung berapi ini aktif, kita juga wajib bersyukur karena kita memiliki tanah yang sangat subur, Indonesia merupakan perebutan sejak jaman dahulu kala. Kenapa? Karena tanah kita, tanah Surga. Sekian dari mimin ya Areingers, Salam Lestari.