Gunung Berapi Tertinggi di Indonesia

Areingers pasti tau dong bahwa Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang mempunyai gunung berapi terbanyak di dunia. Karena letak geografis Indonesia yang dilintasi oleh dua jalur pegunungan muda, yaitu Sirkum Pasifik dan juga Sirkum Mediterania. Nah, sirkum Pasifik yang membentang di Samudera Pasifik ini mulai dari Pegunungan Andes di Maerika Selatan hingga Selandia Baru, Sedangkan Mediterania mulai dari Afrika Utara hingga ke Indonesia.

Nah, wilayah Indonesia juga berada di jalur pertemuan dua lempeng benua, membuatnya banyak memiliki gunung berapi. Dua lempeng tersebut yaitu Lempeng. benua Asia di bagian Barat, dan Lempeng Benua Australia di bagian Timur. Sedangkan yang terjadi pada Indonesia, dua lempeng tersebut saling bertumbukan dan menciptakan proses tektonik. Benar-benar Istimewa Indonesia ini. baik segi positif maupun negatif dari dampaknya.

Nah, Apa nih Gunung Berapi yang tertinggi yang ada di Indonesia?



Gunung Kerinci

Gunung kerinci terletak tepat di perbatasan antara Sumatera Barat. Gunung ini termasuk dalam bagian dari TNKS (Taman Nasional Kerinci Seblat). Dengan ketinggian mencapai 3.805 MDPL, Gunung Kerinci dinobatkan sebagai gunung berapi tertinggi yang ada di Indonesia. Kawasan puncaknya dapat melihat pemandangan indah Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu.. bahkan hingga Samudera Hindia yang luas pun. dapat terlihat dengan jelas jika cuaca memungkinkan.

Gunung Kerinci juga merupakan primadona bagi rekan-rekan pendaki yang ingin menaklukkan 7 Gunung tertinggi di Indonesia. Jalurnya yang. ekstrim merupakan tantangan tersendiri untuk para Pendaki. Banyak juga yang gagal muncak karena cuaca yang tidak menentu. Kerinci juga sering memberikan badai untuk para pendakinya, seolah tak ingin menurunkan wibawanya sebagai gunung berapi tertinggi di Indonesia.

// //