Gunung Merbabu

Berdiri tegak dan dikenal melalui naskah  masa pra-Islam sebagai Gunung  Damalung atau disebut juga Gunung Pamarihan, Gunung Merbabu merupakan gunung api yang  bertipe Strato yang terletak di wilayah Kabupaten Magelang, di lereng sebelah baratnya terdapat kabupaten Boyolali dan Sebelah timur dan selatan nya Kabupaten Semarang.

Pada Abad ke 15 dipercaya di lereng gunung Merbabu ini merupakan pertapaan terkenal dan pernah disinggahi oleh Bujangga Manik. Menurut etimologi, merbabu itu berasal dari gabungan kata "meru" yang artinya gunung dan "abu" artinya abu. Nama ini juga bermunculan pada catatan Belanda. Areingers pasti sudah pernah merasakan indahnya Gunung Merbabu ini ya..

Gunung ini pernah meletus pada tahun 1560 dan 1797. Dilaporkan juga pada tahun 1570 pernah meletus tetapi belum dilakukan konfirmasi terkait. Yang pasti, gunung Merbabu ini ada di 3.145 meter diatas permukaan laut. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang paling di incar oleh para pendaki gunung dari seluruh pelosok Indonesia. Termasuk saya juga ya Areingers, hehehe