Mendaki Gunung Prau Jalur Patak Banteng

Gunung Prau, Siapa yang tidak kenal dengan gunung ini. Gunung yang memiliki keindahan yang memukau, Golden Sunrise yang diakui oleh semua orang dan juga jalur pendakian yang tidak begitu sulit dan cocok untuk para pendaki pemula ini menjadi salah satu gunung yang patut dikunjungi untuk menikmati keindahan alam tersebut. Jalur pendakian Gunung Prau ada 7 Jalur, diantaranya adalah

- Jalur Patak Banteng
- Jalur Kali Lembu
- Jalur Dieng Wetan
- Jalur Dieng Kulon (dwarawati)
- Jalur Campurejo
- Jalur Wates


Jalur yang paling favorit untuk para pendaki selain dari jarak tempuh yang pendek dan juga berada tepat di tepi jalan raya adalah Jalur Patak Banteng. Dari Wonosobo Areingers cukup naik angkutan umum dengan membawa perangkat pendakian maka kalian pasti akan direkomendasikan untuk melalui rute ini. Basecamp Jalur Patak Banteng terletak di Desa Patak Banteng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.



Basecamp - Pos 1 Sikut Dewo


awal pendakian dari jalur patak banteng ini akan dimulai dengan menyusuri perkampungan penduduk sekitar 500 meter sebelum melalui jalur bebatuan yang menanjak. Pos 1 berupa gubuk kecil yang menjadi batas antara jalur makadam dengan jalur tanah padat sebelum memasuki Hutan.



Pos 1 - pos 2 Cangal Walangan


Dari pos 1 kita akan berbelok ke kiri untuk menuju pos 2. Jalur pendakian Gunung Prau ini masih berupa tanah padat yang berdebu dan menanjak berbentuk tangga. Disarankan untuk para pendaki untuk memakai buff agar tidak terganggu pernafasannya saat berjalan atau mendaki. Akan dijumpai beberapa gubuk atau warung di sekitar jalur pendakian sebelum masuk ke kawasan hutan. Pos 2 ini berupa laham lapang kecil yang didominasi cemara dan pihus. Disini Areingers bisa istirahat santai untuk menikmati udara segar saat pendakian.



Pos 2 - Pos 3 Cacingan


Jalur pendakian gunung prau menuju pos 3 akan sedikit terjal dan lebih menanjak dibandingkan sebelumnya. Areingers akan bertemu dengan jalur berupa tanah dengan bebatuan perbukitan. Pemandangan yang disuguhkan untuk kalian tak lain dan tak bukan hanya berupa hutan dan bukit. Pos 3 tak jauh beda dengan pos 2, hanya berupa lahan kecil di sebelah kanan yang cukup untuk 2 tenda saja. Tetapi Areingers tak perlu khawatir, jangan menyerah sampai disini ya.. keindahan akan ada di ujung sana.



Pos 3 - Bukit Teletubbies

Pendakian Menuju bukit teletubbies ini memang cukup terjal dan menanjak. Pendaki akan melewati tanjakan tanah berupa tangga yang berkelok-kelok dan cukup berdebu saat musim kemarau. Bukit teletubbies akan ditandai dengan jalur setapak yang landai. Di jalan setapak ini banyak juga ditemukan bunga daisy yang menjadi icon Gunung Prau. Himbauan untuk para pendaki, jangan rusak bunga-bunga ini ya.. karena kita hanya diwajibkan untuk menikmatinya saja, bukan untuk memiliki.

Bukit teletubbies adalah gundukan bukit yang merupakan camping ground favorit untuk menikmati golden sunrise di Gunung Prau. Momen matahari terbit adalah saat yang ditunggu oleh semua pendaki yang camping di bukit teletubbies. Ketika sinar jingga matahari menyelimuti gunung dan bukit-bukit sekitar itu mungkin hanya dalam hitungan menit saja, tapi itulah keindahan yang sesungguhnya yang hanya bisa kita nikmati bersama dengan beberapa canda tawa dari pendaki lain dan juga yang mengabadikan moment diatas sana. Deretan Gunung Sindoro dan Sumbing akan tampak megah berdekatan, tidak hanya 2 gunung mewah itu, ada Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan juga Gunung lawu yang tampak walau kecil. Deretan inilah yang semua orang tunggu, kenikmatan yang tiada tara ini juga yang akan menjadi momen paling indah untuk Areingers.



Bukit Teletubbies - Puncak

Untuk menuju ke puncak Gunung Prau, jalur pendakian dilanjutkan dengan berjalan ke sebelah kiri. Puncaknya tidak begitu jauh dari bukit. dan tidak memakan waktu yang lama untuk menuju puncak.



Nah Areingers, itulah penjelasan singkat dari Jalur Patak Banteng Gunung Prau. Tak lama lagi, 17 Agustus 2019 nanti, Arei Outdoor Gear akan menyelenggarakan acara istimewa bersama "Ranger Prau". Festival layang-layang dan pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih akan mejadi acara puncak dari event ini. Tidak sendiri, Areingers akan mendatangkan para talent dari Arei Outdoor Gear yaitu Annisa Malati, Patrishiela, Tyo Survival, Janatan Ginting, Panji Petualang, Chelsea Christy dan Efinda Putri Andriyani. Kita semua akan merayakan pesta kemerdekaan Indonesia di Gunung Prau dengan rentetan acara yang tak layak untuk Areingers lewatkan. Sampai bertemu di Gunung Prau tanggal 16 Agustus 2019 - 17 Agustus 2019 ya Areingers! jangan terlewatkan, Salam Lestari!




source :
- https://www.manusialembah.com/2015/12/pendakian-gunung-prau-2565-mdpl-via.html