Gunung Rinjani Keindahan Tanpa Henti

Untuk para pendaki dan penyuka adventure , nama gunung Rinjani pastilah menyiratkan keindahan khusus. Untuk pecinta alam dan penikmat keindahan yang belum pernah menyambangi pesona alam gunung Rinjani, luangkanlah waktu untuk menikmati keindahan yang ditawarkan oleh gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini.

Tentang  Rinjani

Dengan tinggi 3726 mdpl, gunung ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dan terletak di utara dari Pulau Lombok. Dikelilingi oleh hutan dan semak seluas lebih dari 70 ribu hektar, gunung Rinjani adalah bagian dari taman nasional.

Untuk ke Pulau Lombok, akses bisa ditempuh melalui jalur darat-laut dan udara. Jalur darat-laut bisa menggunakan bus ke Mataram kemudian menggunakan kapal ferry menyeberang 2 kali melewati selat Bali dan selat Lombok. Jalur udara dapat menggunakan pesawat terbang. 

Lebar kawah gunung Rinjani adalah 10 kilometer dengan danau kawah bernama segara anak. Segara anak memiliki kedalaman kurang lebih 230 meter. Air danau segara anak berwarna biru dan ada membentuk air terjun yang mengalir dari jurang. Tidak jarang orang yang melakukan pendakian gunung Rinjani memancing di danau ini karena memang banyak ditemukan ikan.

Terdapat dua jalur pendakian menuju puncak gunung Rinjani. 2 jalur tersebut adalah jalur Senaru dan jalur Sembalun. Jalur yang menjadi kesukaan  pendaki adalah jalur Sembalun karena pendaki bisa hemat 700 meter ketinggian , namun dengan trek pendakian yang lebih panjang.

Jika memilih jalur sembalun, pendaki akan melewati padang savana yang luas, savan ini cukup populer baik di kalangan pendaki ataupun bukan. Jalur ini memiliki 3 pos peristirahatan, setelah pos 3 pendaki akan dihadapkan dengan tanjakan dengan 60 derajat kemiringan. Jalur Senaru akan membuat pendaki menembus hutan tropis yang lebat dengan trek yang terjal. Ada 3 pos juga di jalur Senaru ini sebelum tiba di pos plawangan yang bisa untuk mendirikan tenda.

Keindahan gunung Rinjani

Puncak pastilah menjadi tujuan utama dari pendakian. Para pendaki dengan peralatan outdoor mereka menempuh perjalanan panjang dan melelahkan akan terobati ketika mencapai puncak. Dari puncak Rinjani pendaki bisa menikmati indahnya pemandangan dari danau Segara Anak serta anak gunung baru jari yang ada di tengah. Rentang pegunungan dan awan biru menjadikan pemandangan yang sempurna untuk dinikmati.

Di Plawangan Senaru kita bisa melihat puncak rinjani bersama dengan Segara Anak dan Gunung Baru Jari bersamaan di sudut pandang yang berbeda. Plawangan Senaru juga tempat yang tepat untuk menyaksikan sunrise, sunset dan taburan bintang di saat malam.

Danau pun terlihat mempesona terutama disaat pagi hari. Bagi pendaki yang mendirikan tenda di dekat danau, pagi hari akan terasa indahnya danau saat membuka tenda.