Gunung Tambora

Areingers, Sudah pernah kah kalian ke gunung Tambora? salah satu gunung api yang namanya mendunia dan menjadi salah satu destinasi yang wajib kalian kunjungi jika kalian ingin melihat keindahan alam Indonesia ini. Gunung Tambora atau Tamboro adalah salah satu gunung berapi kerucut aktif yang terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Nah, sekalian kalian main ke Sumbawa untuk melihat keindahan alamnya, kalian bisa berkunjung nih ke Tambora.

Aktivitas vukanis gunung berapi ini memuncak pada saat letusannya di bulan April tahun 1815 yang menjadi salah satu letusan terbesar di dunia loh Areingers. Suara letusannya terdengar hingga pulau Sumatra, Hujan abu vulkanis nya terjadi sampai kalimantan, Sulawesi hingga Maluku. Dan letusan tersebu memakan korban jiwa hingga 71 ribu orang.

Fakta menarik lainnya, Letusan gunung Tambora ini sempat disangka tembakan meriam. Saking kerasnya, Pemerintah Inggris yang sedang berkuasa saat itu menduga itu serangan dari musuh yang menembakkan meriam. Masih ada nih fakta menarik lainnya Areingers. Tercatat hingga sepertiga Tinggi gunung hilang terpancung. Jadi sebelum peristiwa letusan tersebut, tinggi gunung Tambora ini diperkirakan mencapai 4300 MDPL. setelah erupsi, gunung tersebut tersisa menjadi 2850 MDPL. jadi 1500 Meter tubuh Tambora hilang terpancung.

// //