Gunung Tambora : Letusan Dahsyat yang menembus lapisan Atmosfer

https://www.kompasiana.com/image/dhimaswisnumahendra/550f73aba33311ce35ba7d98/letusan-gunung-tambora-hari-jadi-dompu-bou?page=1

 

 

Pada 10 April 1815, Gunung Tambora 4300mdpl di Semenanjung Sumbawa meletus dahsyat dan menimbulkan kolom abu yang menembus atmosfer. Letusan ini berefek pada tanah Sumbawa, Bali, dan Jawa bagian timur yang kemudian diguncang gempa serta langit menjadi gelap gulita. Setidaknya, 117.000 jiwa meregang nyawa akibat letusan gunung yang disertai wabah penyakit dan kelaparan setelahnya ini.


Eropa dan America terdampak hingga abu vulkanik menyelimuti bumi yang kemudian disebut dengan "A year without a summer" di Kawasan Arctic juga suhu lebih hangat yang menyebabkan es mencair hingga suhu bumi menjadi lebih panas. 


Swiss, salah satu negara yang paling terdampak akibat amuk Tambora, pada 2015 menjadi tempat berkumpulnya ratusan orang dari berbagai disiplin ilmu yang datang dari 5 benua, untuk memperingati peristiwa letusan mengerikan tersebut dan dampaknya pada iklim bumi dan peradaban manusia.


Erupsinya membentuk caldera besar dan Letusan tambora menyita banyak perhatian untuk orang menggali sejarah yang telah diukirnya. Swiss botanian, Heinrich Zollinger adalah orang pertama yang melakukan pendakian setelah letusan gn tambora agustus 1847 yang kemudian jejak literasinya dari masa lampau hingga masa kini ditelusuri oleh Harley Sastha. 


Perjalanan Harley Sastha dimulai, dari berkunjung ke Sumbawa di taman nasional gunung tambora, Harley sastha bertemu berbagai pihak untuk menceritakan secara sudut pandang penduduk tentang cerita meletusnya gunung tambora. Jakarta, Bogor, Bandung di Pulau Jawa hingga ke Bima dan Dompu di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara barat, merupakan perjalanan yang ditempuh oleh Harley sastha dalam pembuatan film majestic tambora ini.


Bersama Areioutdoorgear perjalanan dan petualangan Harley Sastha menelusuri jejak literasi Gunung Tambora dilakukan dengan sebuah misi untuk membuat sebuah dokumenter dari sebuah kejadian luar biasa di masa lampau yang menjadikan sebuah mahakarya dengan judul film Dokumenter Majestic Tambora ini.

// //