Hal yang Harus Menjadi Pertimbangan Ketika Mendaki di Musim Hujan

Memasuki musim penghujan serta cuaca yang tidak bisa diprediksi seperti sekarang, apakah masih aman untuk mendaki gunung? Tapi sebelum mendaki yuk kita simak beberapa hal yang harus dipertimbangkan dengan matang sebelum Areingers melakukan pendakian di musim hujan

  1. Pertimbangkan bahaya dan resiko keselamatan

Sebagai pendaki yang bijak tentunya Areingers akan mempertimbangkan segala hal dalam sebuah pendakian mulai dari keselamatan dan keamanan diri sendiri serta tim karena aka nada banyak bahaya dan resiko yang akan dihadapi, contohnya kondisi fisik yang akan cepat lelah, resiko sambaran petir, serta bahaya pohon tumbang.

  1. Resiko beban yang semakin berat

Pendakian di musim hujan pastinya harus siap menerima beban yang akan lebih berat dari biasanya, karena perbekalan khususnya pakaian untuk ganti akan serba double demi mengurangi resiko ancaman hipotermia, belum lagi penggunaan perlengkapan pelindung dari jas hujan atau ponco akan membatasi pergerakan dalam perjalanan sebuah pendakian.

  1. Hujan akan selalu berdampingan dengan kabut

Tidak dipungkiri semua pendaki memiliki tujuan mendaki untuk melihat pemandangan yang indah untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, tetapi pendakian di musim hujan akan kecil kemungkinan untuk mendapatkan pemandangan indah. Karena ketika sedang turun hujan, maka kabut akan ikut serta menyelimuti puncak gunung.

  1. Kendalikan ego

Terkadang masih ada pendaki yang menuruti ego sendiri dan mengabaikan hal-hal penting termasuk keselamatan nyawa diri sendiri ataupun tim yang bersamanya. Saat mendapati cuaca yang sudah tidak memungkinkan untuk melanjutkan pendakian, Areingers lebih baik memutuskan untuk menghentikan perjalanan, karena tujuan utama dari mendaki adalah pulang ke rumah dengan selamat bukanlah puncak gunung tersebut.

Disaat musim hujan seperti ini perjalanan pendakian lebih baik ditunda dulu ya Areingers, demi keselamatan dan keamanan, stay safe and healty Areingers!!
// //