Indahnya Laut Indonesia Jika Tanpa Sampah

Indahnya pantai atau laut tentu ditandai dengan adanya panorama keindahan alam yang tidak akan terlupakan. Hal ini juga menjadi salah satu aset sumber daya alam yang memang sangat berharga bagi Indonesia. Namun, bagaimana dengan sampah yang bertebaran di laut atau pantai?

Tentu hal seperti ini membuat laut menjadi tercemar dan kotor bukan?

Jadi, sebagai upaya atau langkah yang tepat sehingga laut Indonesia terbebas dari sampah yaitu kita sebagai anak-anak Indonesia harus sadar akan membuang sampah pada tempatnya. Oleh karena itu, menjaga plastik sampah dan membuang pada tempatnya tentu akan membuat laut menjadi bersih dan terbebas dari sampah. Hal seperti ini tidak hanya untuk laut saja melainkan tempat lainnya seperti aktivitas mendaki gunung atau lainnya. Jika Areingers bisa menjaga sampah dengan baik maka dapat dipastikan lingkungan, laut dan tempat lainnya bisa terbebas oleh sampah.

 

Cara Praktis Agar Laut Terbebas Sampah dan Tetap Indah

 Sampah terutama sampah plastik merupakan hal yang sering sekali kita dengarkan di berita bukan? pasalnya sampah ini akan membawa dampak buruk bagi satwa yang ada dilaut dan sekitarnya termasuk ikan, burung hingga penyu. Untuk hal ini ada beberapa cara praktis yang bisa dilakukan para Areingers sehingga laut bisa terbebas dari sampah.

 1. Siapkan Tas Kain Atau Tempat Sampah

 Untuk hal pertama yaitu Areingers bisa menyiapkan tas kain atau tempat sampah. Hal ini dilakukan agar para Areingers yang berkunjung ke pantai atau laut tidak membuang sampah dengan sembarangan terlebih lagi di pinggiran bibir pantai yang nantinya bisa dibawa oleh ombak. Untuk itu, setelah maka sebaiknya dikumpulkan dan jika ada tempat sampah di sekitar maka Areingers bisa membuatnya ketempat sampah yang disediakan.

 2. Hindari Minuman Kemasan

 Cara berikutnya yaitu hindari minuman kemasan dan mulailah beralih ke botol minuman atau tumbler. Hal ini dilakukan juga agar dapat mengurangi sampah dan laut bisa terbebas sampah khususnya plastik. Tak hanya itu saja, bagi para pria yang suka merokok maka cobalah jangan membuang puntung rokok di pantai serta buanglah puntung rokok ditempat sampah yang telah disediakan.

 3. Lakukan Kampanye Bebas Sampah

 Para pemuda dan pemudi tentu langkah ini menjadi langkah awal yang tepat untuk dilakukan sehingga masyarakat Indonesia bisa lebih sadar akan bahaya sampah khususnya di laut dan pantai. Sebab jika banyak sampah bertebaran di laut dan pantai tentu akan membuat dampak yang sangat buruk bagi kesehatan satwa mulai dari ikan, penyu dan juga burung. 

Selanjutnya Areingers juga bisa mendesak para pemerintah dan pengelola setempat untuk berpartisipasi dalam menjaga lingkungan sehingga laut Indonesia bisa terbebas dari sampah. Selain itu, mulailah menyediakan peralatan outdoor seperti penyediaan tempat sampah sehingga para wisatawan yang berkunjung ke laut bisa membuang sampah pada tempatnya.

Inilah informasi penting dan bermanfaat untuk para Areingers ketahui sehingga laut Indonesia bisa tetap indah dan terbebas dari sampah. Peralatan seperti ini bisa didapatkan di Arei Outdoor Gear sehingga Areingers bisa mendapatkan produk terbaik.