Ini Dia Kisah Mistis di Gunung yang Masih Dipercaya Masyarakat

Buat Areingers yang suka naik gunung, pasti sudah tidak asing lagi dengan beberapa kisah mistis yang sering terjadi di beberapa gunung yang ada di Indonesia. Sayangnya, masih banyak orang yang sama sekali belum pernah mendengar tentang legenda yang terjadi di setiap gunung. Padahal belakangan ini aktivitas pendakian di gunung sedang banyak digandrungi anak muda.

Gunung Rinjani

Salah satu gunung yang saat ini menjadi incaran pendaki adalah Gunung Rinjani. Gunung ini dipercaya sebagai lokasi keberadaan Dewi Anjani. Selain itu, banyak yang percaya bahwa terdapat sebuah masjid besar yang dibangun oleh para gaib di sekitar Danau Segara Anak bahkan gunung ini disebut sebagai tempat berkumpulnya makhluk-makhluk gaib yang membentuk kehidupan seperti manusia. Kepercayaan masyarakat sekitar mengatakan bahwa apabila makhluk gaib yang ada di gunung ini merasa terganggu, mereka akan membawa pendaki tersebut ke alamnya dan tidak akan dikembalikan lagi.

Gunung Semeru

Puncak Gunung Semeru disebut sebagai tempat para dewa bersemayang dan dijuluki sebagai kerajaan jin. Gunung ini juga disebut memiliki misteri hantu perempuan berparas muda dan cantik yang mengenakan kebaya kuning di Ranu Kumbolo yang akan keluar saat bulan purnama.

Selain itu, mitos lain yang banyak beradar adalah kejadian aneh yang sering terjadi di kawasan klik pada gunung ini. Mulai dari pendaki yang jatuh, tersesat, hilang, bahkan kesurupan. Itulah alasannya ditemukan batu in memoriam pada kawasan ini, sebagai penanda adanya orang yang meninggal saat mendaki gunung tersebut.

Gunung Salak

Gunung ini terkenal sangat angker dan menyimpan banyak misteri, termasuk disebut sebagai tempat terakhir Prabu Siliwangi atau Sri Baduga Maharaja terlihat. Bahkan, beberapa orang mengaku melihat tentara yang berjumlah satu kompi tengah latihan di gunung tersebut. Beberapa orang lainnya juga mengaku mendengar suara lain yang menyerupai sorakan orang-orang yang sedang menonton pertunjukan bola.

Gunung Lawu

Selain mitos pasar setan yang terkenal di gunung ini, ada juga mitos lain yang menyebutkan bahwa orang yang naik gunung ini tidak boleh berjumlah ganjil, dan dilarang menggunakan baju hijau karena dipercaya akan membuat pendaki tersebut tersesat saat mendaki.

Kalau Areingers ingin mendaki gunung tersebut, pastikan untuk tidak melakukan hal-hal yang kurang baik ya. Sebab, hal tersebut dapat merugikan Areingers dan orang lain. Saat travelling ke gunung, jangan lupa juga untuk membawa kantong khusus sampah agar tidak merusak keindahan dan kebersihan gunung yang Areingers kunjungi ya.