Kenapa Bunga Edelweiss, Tidak Boleh dipetik?

Baru-baru ini, saya mendengar kabar lagi tentang bunga Edelweis. dari seseorang yang membelinya di pedagang di kawasan gunung Bromo.
Saking terkenalnya bunga ini, maka geger lah dunia maya dibuatnya. Memang betul, Edelweis liar adalah salah satu flora yang dilindungi karena keberadaannya yang langka.
Jenis bunga Edelweis pun tidak hanya satu, bunga Edelweis memiliki jenis yang berbeda-beda. Dan yang membuat heboh tersebut adalah bunga Edelweis yang sudah dibudidayakan oleh petani setempat. Maka dari itu Netizen yang budiman tidak perlu khawatir ya.. Karena memang legal untuk diperjual belikan kalau bunga Edelweis yang ada di berita yang viral tersebut.

Larangan memetik bunga Edelweis ini ada di Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati Ekosistem. Pada pasal 40 ayat 2 dijelaskan bahwa seseorang yang melanggar akan terancam pidana 10 tahun penjara dan denda hingga Rp 200 juta. Maka dari itu pendaki-pendaki wajib untuk mengetahui hukum yang telah ditulis tersebut. Kenapa sih? karena bunga Edelweis ini memiliki filosofi dan mitos jika dipetik. Kebiasaan jelek kita, percaya pada mitos yang merugikan sumber daya alam kita.

Bunga Edelweis ini adalah tanaman yang tumbuh di pegunungan dengan ketinggian kira-kira 2000 MDPL. Edelweis di Indonesia. juga tumbuh. setelah musim hujan. terakhir, April hingga September. Nama Edelweiss juga merupakan gabungan. dari dua kata dalam bahasa Jerman.  Edel berarti mulia, Weiss artinya putih. Karena memang dari bentuknya Bunga Edelweiss seperti bulu bulu putih seperti wol.

Edelweiss juga dijuluki bunga abadi. Karena tanaman ini mengandung hormon etilen yang membuat bunganya tidak bisa gugur. Mitosnya sudah tertebak kan Areingers? barang siapa yang memberikan bunga ini ke pasangannya, maka hubungannya akan langgeng. Sebenarnya untuk menjalani hubungan yang langgeng, kalian cukup memberikan pengertian dan ketulusan dalam menjalani kisah asmara kalian.. ceileee curhat.. hehehe.. Sudah jelas ya Areingers, jangan dipetik yaa bunga Edelweiss nya.. Salam Lestari.

// //