Kenapa Menghabiskan Waktu di Alam Baik Buat Kamu?

Sudah sering dong mendengar berbagai manfaat yang diberikan oleh alam buat manusia. Tapi sebenarnya kenapa sih alam itu baik buat kita?

Ternyata, sejak tahun 1990-an para peneliti mulai menemukan berbagai manfaat kesehatan dari menghabiskan waktu di alam. Para peneliti tersebut menemukan bahwa orang-orang yang sering menghabiskan waktu di alam cenderung punya tekanan darah lebih rendah, berkurangnya kadar kortisol atau hormon stress, daya tahan tubuh yang lebih kuat, dan lebih sedikit rasa cemas.

Selain itu, para peneliti mengemukakan bahwa menghabiskan waktu di alam dapat meningkatkan daya konsentrasi, energi, mood, dan kualitas tidur kita. Lebih jauh lagi, pada tahun 2019, sebuah study menunjukkan bahwa hanya dengan menghabiskan 20 menit di taman bisa meningkatkan kesejahteraan seseorang loh!

Walaupun tanpa semua penelitian dan studi yang sudah mimin sampaikan tadi, kamu sebenarnya pasti sudah tau kalau menghabiskan waktu di alam itu baik, kan? Semoga kita bisa nge-alam ria lagi secepatnya, ya.

// //