Kesusahan Menyalakan Api di Lingkungan Basah? Begini Caranya!

Menyalakan api ketika sedang berada di alam liar memang susah susah gampang. Kamu memang bisa tinggal membawa korek api dan wusss! Api bisa langsung menyala. Tapi, bagaimana jika lingkungan di tempat kamu berada cukup basah dan lembab? Nah, berikut mimin kasih tips jitu menyalakan api di lingkungan yang basah. Yuk, simak!

Hindari Membuat Lubang

Kalau kamu sedang berada di lingkungan yang kering, menggali lubang kecil buat nyimpen kayu bakal ngebantu banget.  Tapi, kalau di lingkungan yang basah sebaiknya dihindari karena bakalan cepat terisi sama air hujan yang sudah pasti bakalan bikin kamu kesusahan nyalain apinya.

Cari Potongan Kayu Kering

Mencari potongan kayu kering di saat kondisi seperti ini pasti cukup sulit, Areingers. Caranya, kamu bisa cari potongan kayu yang ada di bawah pohon-pohon besar karena kemungkinan kamu bisa nemuin tempat yang kering di sana. Selain itu, kalau kamu menemukan potongan kayu yang kelihatan basah, jangan langsung dibuang ya, karena sebetulnya kayu tadi bisa saja kering bagian dalamnya. Kamu hanya perlu mengupas bagian luarnya dan kayu tersebut bisa langsung kamu pakai deh.

Gunakan Daun Pinus

Daun pinus punya zat lengket yang disebut pitch. Zat ini sangat mudah terbakar dan ngejaga api kamu tetap nyala di kondisi basah bahkan hujan ringan loh, Areingers!

Perhatikan Bentuk Tumpukan Kayu

Bentuk tumpukan kayu atau lapisan api tuh penting banget! Terutama kalau kamu mau nyalain api di lingkungan yang basah. Kalau bentuk tumpukan api kamu rata dan tersebar, api akan lebih cepat mati sama air hujan. Jadi, pastikan bentuk api unggun sekerucut mungkin, oke?

// //