Laut Indonesia Laut Indah di Bumi

Sudah tidak asing lagi dengan sebutan maritim Indonesia yang artinya kaya akan laut yang indah dan memesona. Keindahan lautan Indonesia ini tersebar merata mulai dari ujung timur hingga ujung barat. Hasil laut yang begitu melimpah seringkali digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang beraneka ragam seperti makanan, pakaian,asesoris dan obat.  

Tahukah Areingers laut apa saja yang ada di negara kita?

  1. Laut Banda

Laut ini berada di Kepulauan Maluku Selatan, dengan batasan arah tenggara ada gugusan Pulau Maluku yang memisahkan laut Arafuru, sebelah selatan ada Nusa Tenggara Timur.

  1. Laut Arafuru

Laut berlokasi paling ujung tenggara Indonesia dengan batasan wilayah baratnya adalah Laut Banda dan Laut Timur. Letak strategis laut arafuru ada di antara Australia dan Papua

  1. Laut Halmahera

Laut ini dijepit oleh Pulau Halmahera dan Pulau Timur Papua (di sebelah Timur), sebelah timur berbatasan dengan Samudera Pasifik.

  1. Laut Flores 

Laut Flores ini diapit oleh Sulawesi dan Pulau Nusa Tenggara. 

  1. Laut Jawa

Laut Jawa diapit oleh dua pulau yaitu Pulau Jawa dan Pulau Kalimantan, sedangkan batas sebelah barat dengan Samudera Hindia.

  1. Laut Seram

Laut Seram ini tepatnya ada di sebelah utara Pulau Seram Maluku, sebelah barat berbatasan dengan Papua dan sebelah utara berbatasan dengan Pulau Obi Maluku Utara dan Laut Halmahera. 

  1. Laut Timor

Laut timor terletak antara apitan Australia dan Timor, sebelah barat dengan Samudera Hindia, dan sebelah timur berbatasan dengan Laut Arafuru.

  1. Laut Sulawesi 

Laut ini ada di sebelah utara Sulawesi, sebelah timur Kalimantan Utara, dan sebelah timur diapit oleh  Samudera Pasifik dan pulau kecil Sulawesi.

  1. Laut Sawu

Laut Sawu ada di Pulau Nusa Tenggara Timur yang dikelilingi oleh pulau kecil seperti Pulau Sumba, Pulau Rote, dan Pulau Flores.

  1. Laut Maluku 

Laut Maluku terletak di sebelah timur Maluku dan sebelah barat Sulawesi. Sedangkan sebelah selatan terdapat juga Pulau Taliabu, Pulau Mangoli.  

Potensi kelautan yang dimiliki oleh Indonesia sangat membuat iri negara lainnya karena bagian dalamnya berpotensi tambang bumi yang banyak, namun perlu kita jaga dan lestarikan semua biota laut di dalamnya agar bisa diwariskan ke anak cucu kita. Terumbu karang, ikan, flora laut yang begitu besar di lautan Indonesia, belum lagi keindahan pemandangan laut dan pantai menjadikan Indonesia sebagai tempat wisata bagi negara lainnya. Luas lautan Indonesia bekisar hampir 6 juta km2, dan hal ini dinilai lebih besar dari daratan negara kita. 

Mari kita jaga kelestarian laut dengan tidak melakukan illegal fishing atau pengambilan ikan tanpa aturan karena merusak populasi ikan di dalam lautan.