Lekas Sembuh Gunung Indonesia

Tahun 2019 tercatat ada banyak bencana alam yang melanda, mulai dari longsor, banjir, gunung meletus, kebakaran hutan dan gempa bumi. Kitapun tentu sudah bisa menebak penyebab dari semua bencana tersebut dan bagaimana upaya kita untuk menghadapi bencana tersebut. Untuk kasus yang sering muncul secara bersamaan adalah aktifnya gunung berapi di Indonesia mulai dari sabang hingga merauke. Gunung aktif inilah membuat banyak kepanikan karena memang kontur satu gunung yang aktif merembet ke gunung lainnya yang masih aktif pula. 

Jika Areingerstahu, ada sekitar 8 gunung berapi yang aktif di tahun 2019 dan statusnya waspada, yakni:

Gunung Soputan 

Gunung ini ada di Sulawesi Utara dengan titik puncak gejala mulai pada tanggal 14 Februari 2019. Saat itu, terjadi 8 kali gempa lebih dalam satu hari. Tanda lainnya muncul kepulan asap putih dari puncak gunung.  

Gunung Agung

Gunung Agung berada di Provinsi Bali yang memberikan statusnya pada tanggal 14 Februari 2019 dengan gempa pertama yang menggetarkan bali dan sekitarnya. Namun sebelumnya, gunung ini telah memuntahkan isi perutnya pada tanggal  21 November 2017 dan membuat radius 4 km di bawahnya harus mengungsi ke tempat aman. 

Gunung Sinabung

Gunung ini terletak di Sumatera Utara yang sebelumnya di tahun 2013 sudah meletus atau erupsi. Namun aktif kembali pada tanggal 14 Februari 2019 dengan pertanda awal yakni gempa tektonik selama beberapa kali sambil mengeluarkan kepulan asap putih yang jika dihirup sangat berbahaya.  

Gunung Anak Krakatau

Anak Krakatau Lampung memang terbilang mengerikan karena berada di kedalam laut Indonesia. Gunung ini sudah aktif pada tanggal 27 Desember 2018. Setelah itu, mengalami gempa sering kecil dan gempa vulkanik sebanyak 21 kali. 

Gunung Karangetan

Sulawesi Utara juga mengalami gencatan alam pada bulan januari 2019, dengan kondisi puluhan gempa kecil susulan seperti gempa vulkanik, tektonik, hembusan dan guguran. 

Gunung Merapi

Terletak di Jawa Tengah, perbatasan Magelang, Yogyakarta, Salatiga dan Boyolali menampakkan keaktifannya pada bulan Januari 2019. Gunung ini terjadi 24 kali gempa guguran dengan kepulan asap putih yang semakin tebal. 

Gunung Dukono

Gunung Dukono berada di Halmahera yang aktif pada tanggal 14 Februari 2019, menampakkan gempa tektonik sebanyak 13 kali dan 2 kali gempa letusan. 

Gunung Ibu

Gunung Ibu juga ada di Halmahera dengan kondisi letusan terjadi tahun 2008 dan mulai mengalami gempa pada tanggal 14 Februari 2019. Dirasakan oleh seismograf bahwa terjadi 92 kali gempa letusan. 

Pihak BMKG masih memperkirakan bahwa gunung berapi di Indonesia akan terus mengalami “masa kerja” hingga tahun 2020 mendatang.