Manfaat Menghabisi Waktu Liburan Di Gunung

Camping digunung memang kegiatan yang menyenangkan, terlebih lagi kalau Camping bareng dengan teman-teman dekat. Tapi siapa sangka, ternyata menghabisi akhir pekan atau liburan di gunung mempunyai manfaat yang lebih dari senang-senang saja. Berikut adalah manfaat liburan di Gunung.

 

Menurunkan Berat Badan

Ternyata, aktivitas naik ke gunung bisa membakar kalori cukup banyak dan membantu menurunkan berat badan. Menurut penelitian, ketinggian bisa menurunkan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang. Pada umumnya, orang yang tinggal di daratan yang tinggi memang lebih mudah menurunkan berat badan. Jadi, kalau Kamu mau menurunkan berat badan, sering-seringlah menghabiskan waktu di gunung.

 

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Ketinggian juga bisa menurunkan risiko kardiovaskular. Pada ketinggian, biasanya kadar oksigen lebih rendah. Hal ini mendorong pembuluh darah membuat saluran-saluran baru untuk mengalirkan oksigen.

Selain itu, menghabiskan waktu di gunung juga menurunkan risiko meninggal akibat penyakit jantung iskemik. Menurut portal Health Fitness Revolution, wanita yang hidup di daratan yang lebih tinggi juga memiliki risiko yang lebih sedikit meninggal akibat serangan jantung. Memang, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa tinggal di daratan yang lebih tinggi meningkatkan kesehatan jantung.

 

Menghirup Udara Segar

Menghabiskan waktu di atas gunung memberikan paru kesempatan untuk menghirup oksigen yang bebas polusi. Udara segar dan bersih di gunung membantu mengatasi masalah pernapasan dan mempermudah penderita asma untuk bernapas.

 

Meningkatkan Kebahagiaan

Aroma dan keindahan bunga-bunga dan pepohonan yang tumbuh di gunung bisa meredakan depresi dan meningkatkan kualitas tidur. Jadi, kalau Kamu sedang merasa down atau stres, coba segarkan pikiran dengan pergi ke gunung. Mendaki gunung juga meningkatkan keberanian Kamu untuk menghadapi ketakutan, terutama kalau Kamu takut dengan ketinggian.

 

Baik untuk Hubungan Sosial

Pergi ke gunung adalah waktu bonding yang baik bersama keluarga dan teman-teman. Berlibur ke gunung bisa meningkatkan kedekatan satu sama lain, sehingga ikatan Kamu dengan teman dan keluarga semakin erat.

 

Memperoleh Kedamaian

Menghabiskan waktu di gunung bisa membantu Kamu menemukan kedamaian dalam diri dan kehidupan Kamu. Kamu bisa menemukan keindahan alam dan  menjadi lebih mudah bersyukur. Mendaki gunung juga mengajari Kamu bahwa tidak semuanya harus serba cepat, melainkan dicapai secara perlahan. Selain itu, beragam suara binatang dan aroma alam yang berbeda dengan di kota juga bisa menenangkan pikiran Kamu.

Pengalaman tidak Terlupakan

Meskipun pemandangan di gunung sempurna merupakan latar belakang foto yang indah untuk diunggah di instagram dan snapchat, makna yang bisa Kamu ambil melebihi hal itu. Cobalah menjauh dari penggunaan gadget ketika sedang berlibur di gunung. Daripada sibuk sendiri dengan handphone, nikmati pemandangannya dengan mata Kamu sendiri. Lagipula, kamera tidak bisa menangkap keindahan pemandangan gunung seperti aslinya.

 

sumber