Manfaat Naik Gunung

Areingers, kita tahu bahwa kegiatan outdoor itu beragam, dan bisa dibilang sangat banyak jenisnya, salah satunya adalah mendaki gunung. Apakah Areingers tahu bahwa ternyata banyak manfaat yang kita dapat dengan mendaki gunung? yuk kita bahas bareng-bareng, supaya nambah ilmu dan tidak hanya gemar mendaki gunung, tetapi mengejar manfaatnya pula.

Sejauh ini, kegiatan ini bermanfaat pula untuk fisik kita.

- Menurunkan resiko kita terkena penyakit kardiovaskular. Berjalan kaki dikategorikan sebagai kegiatan aerobik yang hampir mirip dengan kardio.

- Meningkatkan kepadatan tulang, ini dikarenakan kita membawa beban dari carrier kita, Akan tetapi jangan berlebihan, jadi beratnya usahakan 1/3 dari berat badan kita.

- Menguatkan otot perut, paha, dan otot pinggul serta tubuh bagian bawah.

- Menurunkan tekanan darah dan kadar gula dalam darah

- Meningkatkan keseimbangan.

Tidak hanya itu, selain kesehatan fisik yang akan kita dapatkan. Kegiatan mendaki gunung juga bermanfaat untuk kesehatan mental manusia.

- Memperbaiki suasana hati, seperti yang kita ketahui selama ini ya Areingers, naik gunung merupakan kegiatan yang bisa mengurangi rasa penat terhadap rutinitas yang telah kita jalani.

- Menghilangkan Depresi, Jika merasa penat dan tidak segera mengalihkan kegiatan yang bisa membuat kita penat, bisa menyebabkan depresi. Maka dari itu, naik gunung pun disebut sebagai kegiatan untuk menghilangkan depresi.

- Menciptakan jiwa Sosial. Nah, ini pasti Areingers tahu dong, saat mendaki gunung, kita selalu saling menyapa walaupun hanya sekedar memberikan semangat untuk orang lain. Nah secara tidak langsung, sapaan dari pendaki lain membuat kita untuk membalas, dan bahkan berteman lebih lanjut, itu merupakan proses yang baik untuk bersosialisasi.

Jika Areingers, sudah tahu manfaat yang baik tentang naik gunung, tambah semangat untuk naik gunung nggak nih? hehe.. Jika kalian tambah semangat, jangan lupa lengkapi perlengkapan naik gunung kalian sejak sekarang ya Areingers, jangan lupa untuk terus menjaga alam ini untuk kita. Salam Lestari!