Manfaat Pendakian Sebagai Penambah Wawasan

Mendaki gunung hingga mencapai puncak bukanlah sekedar menambah koleksi foto untuk sosial media. Pendakian memiliki banyak arti dan makna yang mendalam. Banyak pelajaran yang akan didapat serta banyak hal pula yang harus diperhatikan namun seringkali disepelekan. Pastikan juga menggunakan peralatan outdoor yang berkualitas agar pendakian senantiasa aman dan nyaman.

Pelajaran dan wawasan yang akan didapat dalam pendakian

Selain menikmati indah dan segarnya pemandangan di gunung, banyak hal yang bisa dipelajari dari kegiatan mendaki gunung.

  1. Persiapan yang matang dari segala sesuatunya akan sangat menentukan sukses atau tidaknya pendakianmu. Seperti dalam kehidupan, perencanaan seringkali menjadi hal yang pertama dan utama untuk mencapai kesuksesan dalam  hal apapun.
  2. Pendakian memberi pelajaran bahwa apapun halangan dan rintangannya kita tetap harus melangkah. Walaupun perlahan, namun tetap berjalan dan hadapi tiap rintangan.
  3. Untuk mencapai puncak dan menikmati indahnya alam dari atas, kamu harus mengalami perjalanan panjang dan melelahkan terlebih dahulu. Hal ini mengajarkanmu bahwa untuk menikmati kesuksesan dalam hidup, kamu harus bersusah-susah terlebih dahulu. 
  4. Rasa kagum dan syukur setelah mencapai puncak setelah proses pendakian yang ditempuh menjadi satu poin yang harus anda pelajari. Bahwa rasa bersyukur adalah penting dalam kehidupan baik dalam keadaan sulit maupun senang. 

Hal yang kadang tidak diperhatikan dalam mendaki

Telah disebutkan sebelumnya bahwa persiapan merupakan hal yang utama, termasuk dalam  pendakian. Berikut ini hal yang seringkali disepelekan saat melakukan pendakian gunung, namun sebaiknya kamu perhatikan baik dalam persiapan maupun dalam prosesnya.

  1. Pakailah sepatu. 

Kaki adalah organ yang kita butuhkan untuk mendaki, pastikan organ ini kamu lindungi benar dengan cara memakai sepatu dan bukan sandal.

  1. Survival kit.

Setiap pendaki sudah seharusnya membawa survival kit. Item-item ini akan sangat berguna pada keadaan darurat. Kamu bisa menemukan dan membeli berbagai macam barang yang termasuk  survival kit di Arei outdoor gear.

  1. Jangan bergantung kepada rekan.

Bawalah kebutuhanmu sendiri karena kita tidak pernah tahu kapan kita akan terkena musibah atau tersesat. Dalam keadaan seperti ini bayangkan apa yang akan terjadi jika logistik atau perlengkapan kita dibawa oleh teman?

  1. Tata cara packing.

Penataan barang-barang pada carrier sangatlah penting. Selain bisa membuat pendakian menjadi terasa nyaman, kita juga bisa lebih mudah menemukan barang yang dibutuhkan. Penataan carrier yang salah juga bisa menyebabkan cedera pada bahu, punggung, atau pinggul karena tumpuan beban yang tidak seimbang.

Kesiapan dan kelengkapan dalam pendakian harus diperhatikan.  Untuk mengetahui apakah gear yang kamu butuhkan tersedia, kamu bisa kunjungi instagram  Arei . Pastikan juga kamu mendapat banyak wawasan dari pendakian yang kamu lakukan.

Dan untuk menambah wawasan kalian tentang pendakian, kalian bisa kunjungi dan nikmati berbagai tips pendakian di program Mountain Tips yang dipandu oleh Janatan Ginting, hanya di Arei Outdoor Gear YouTube Channel ya guys..