Mencuci Sepatu Gunung Dengan Baik

Di musim hujan seperti ini, pasti areingers sering sekali mencuci sepatu gunung setelah dipakai untuk mendaki. Karena di jalur pendakian sangat becek dan juga bisa jadi selama perjalanan, hujan terus mengguyur sepatu kalian. Nah kali ini mimin akan memberikan tips bagaimana cara mencuci sepatu kalian agar tetap awet dan selalu terjaga.

- Gunakan Alat Pembersih yang Tepat

Bagian-bagian dari sepatu gunung hampir sama dengan bagian di sepatu yang lainnya, akan tetapi bagian di sepatu gunung lebih besar dibanding sepatu lainnya, media yang dibersihkan pun menjadi lebih banyak. Maka Alat pembersih juga harus dipilih dengan baik. Misalnya, menggunakan sikat yang kuat untuk bagian outsole atau bagian bawah sepatu. lalu untuk memberihkan bagian Toe Cap atau bagian depan sepatu, gunakanlah sesuai dengan bagian yang diimiliki.

- Bahan Pembersih

Untuk bahan pembersih, saran mimin sih yang harus diperhatikan adalah jangan pernah menggunakan deterjen untuk sepatu gunung anda. Karena deterjen adalah salah satu musuh yang berat untuk bahan-bahan luar sepatu. Dapat merubah warna, dan bahkan merusak bagian-bagian penting di sepatu gunung kalian.

Gunakanlah sabun dengan pH netral, berarti sama dengan sabun bayi. Namun, di beberapa pengalaman, ada beberapa bahan yang memang hanya akan lebih baik jika dibersihkan hanya menggunakan air saja.

- Cara Pengeringan

Pengeringan sebaiknya jangan langsung terkena sinar matahari terik, biarkan kering dengan angin normal agar tetap menjaga warna, dan juga tidak terlalu membuat bahan-bahan sepatu kalian menjadi retak-retak dan akhirnya sobek.

- Cara Penyimpanan

Setelah kering dengan baik, sebaiknya kalian membuat sepatu tetap pada bentuk asalnya. Bagian depan sepatu sering sekali turun karena dalamnya tidak terisi, maka buatlah isian memakai kertas, lalu isikan di bagian depan sepatu. Dan sepatu kalian siap untuk disimpan.

Itulah Tips untuk membersihkan sepatu gunung kalian ya Areingers, Tetap jaga kebersihan sepatu kalian, agar tetap awet dan dapat digunakan di pendakian selanjutnya. Salam Lestari!