Mendaki Gunung Papandayan

Gunung Papandayan merupakan gunung vulkanik berbentuk strato yang terletak di antara Desa Sirnajaya dan Desa Kramatwangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Gunung ini merupakan salah satu gunung yang menjadi objek pendakian favorit bagi para pendaki gunung di Indonesia terutama bagi pendaki pemula yang baru pertama kali ingin merasakan bagaimana pengalaman mendaki gunung. 

Ketinggian Gunung Papandayan yang hanya sekitar 2.665 meter di atas permukaan air laut membuatnya sebagai gunung yang sangat ramah bagi para pendaki bagi segala usia, baik pendaki baru, pendaki profesional, dewasa, maupun anak-anak. Meski termasuk ke dalam gunung yang rendah, Gunung Papandayan tetap cukup memberikan nuansa adventure yang menarik bagi para pendaki. 

Ketinggian yang rendah dan trek yang tidak panjang membuat para pendaki dapat menyelesaikan trek Gunung Papandayan hanya dalam waktu dua sampai tiga jam saja. Sehingga, kalian tidak perlu menyiapkan banyak perlengkapan mendaki gunung. Selama jalur pendakian juga kamu akan menemukan banyak warung jadi tidak perlu membawa banyak bekal untuk mendaki di Gunung Papandayan.

Gunung Papandayan memiliki pemandangan yang indah di siang hari maupun di malam hari. Bagi kamu yang ingin melihat sunrise disana, datanglah dini hari atau berkemah semalam di Gunung Papandayan untuk mendapat hasil foto yang maksimal saat matahari terbit. Selain itu, pemandangan malam hari di Gunung Papandayan juga tidak kalah menarik untuk diabadikan. Indahnya hamparan bintang-bintang di langit membuat kamu tidak ingin melewatkan untuk mengabadikan momen tersebut.  

Papandayan memiliki objek kawah belerang, padang edelweis, hutan mati, dan kolam air panas yang membedakannya dengan gunung lainnya di Indonesia. Namun sayang, kawasan belerang dan padang edelweis tidak disarankan untuk pendaki dengan alasan keselamatan. Tetapi kamu tetap bisa melihat pemandangan indah ini dari kejauhan kok! 

Gunung Papandayan memiliki beberapa spot yang bagus untuk menikmati proses terbitnya matahari, yaitu Bukti Soni, Perkemahan Pondok Saladah, dan Perkemahan Ghoober Hoet.  Untuk kamu para Areingers yang ingin berkemah di Gunung Papandayan, siapkan perlengkapan kemah dan mendaki gunung yang baik ya!