Menelusuri Karimun Jawa dan Keindahan Alamnya

Bosan dengan pendakian gunung? Mari lari ke pantai. Ada pesona di ujung pulau jawa yang semua tahu tapi tidak semua pernah kunjungi. Karimun Jawa yang terletak di Jepara, Jawa tengah akan menghadirkan pesona eksotis dari pantai, pasir , terumbu karang dan aneka ragam organisme laut  kepada siapa saja yang mendatanginya. 

Tempat rekomendasi wisata di Karimunjawa

Bagi kamu yang belum pernah mengunjungi Karimun Jawa ada baiknya simak tempat-tempat berikut yang jadi rekomendasi untuk didatangi. Taman nasional yang masih asri ini adalah salah satu tempat andalan untuk berlibur bersama teman-teman atau keluarga.

  1. Pantai Tanjung Gelam

Pantai dengan ciri khas kelapa doyong ini dapat ditempuh 10 menit berkendara dari pusat kota. Dnegan harga tiket masuk hanya sebesar lima ribu rupiah anda bisa berjalan menelusuri pantai serta menikmati sunset dan berfoto di kelapa doyong.

  1. Pantai Anora

Berlokasi di desa kemloko, pantai Anora terlihat unik karena terlihat seperti sebuah pulau berukuran kecil yang menyatu ke pantai. Dengan harga tiket sebesar 10 ribu rupiah anda bisa naik ke bukit kecil dan menikmati alam dari atas bukit. Dengan semilir angin dan pemandangan yang mengagumkan tempat ini adalah salah satu tempat destinasi utama di Karimun Jawa.

  1. Mangrove Tracking

Menyusuri rimbunnya mangrove di jalur sepanjang lebih dari 2 kilometer di atas jembatan kayu, anda akan dimanjakan dengan berbagai macam burung yang berkicau mengiringi anda. Pemandangan yang akan menjadi background sempurna untuk foto anda. Di tengah perjalanan anda akan menemukan menara pandang, anda bisa menaiki menara tersebut untuk menikmati pemandangan mangrove dan laut dari atas.

  1. Pulau cilik

Anda yang suka akan adventure di bawah laut, pasti akan memilih trip snorkeling. Pulau ini biasa dipakai untuk beristirahat setelah anda lelah menghabiskan waktu bersnorkling menikmati indahnya bawah laut Karimunjawa. Berbagai jenis terumbu karang nan menawan mengelilingi pulau ini, anda akan menemui banyak ragam biota laut dan terumbu karang. Singgah di pulau ini anda cukup membayar lima puluh ribu rupiah kepada penjaga pulau.

  1. Pulau Cemara Kecil

Terletak di sisi barat, pulau ini  berukuran sangat kecil sehingga anda bisa mengelilingi keseluruhan pulau dengan berjalan kaki. Atraksi utama yang ditawarkan oleh pulau ini adalah banyaknya pohon cemara dan pantai pasir putih dan air laut yang jernih mengelilingi pulau. Bermain air di pantai yang dangkal dan berfoto seperti sudah menjadi keharusan disini karena keindahannya. 

Masih banyak keindahan alam  yang ditawarkan oleh Karimun Jawa yang mungkin tidak akan habis dijelajahi hanya dalam 1 atau 2 hari. Pastikan anda membawa barang yang anda perlukan saja dalam backpack yang ringkas agar penjelajahan anda tetap nyaman tanpa terbebani berlebihan.