Menjaga Tempo Pendakian

Setiap pendaki, memiliki karakteristik yang berbeda dengan pendaki lainnya. Begitu pula di medan setiap gunung, memiliki tingkat kesulitan yang berbeda pula. Nah, Areingers juga harus tahu nih, bahwa di tiap perjalanan yang ditempuh, pasti memiliki Pace yang berbeda, Karena di tiap perjalanan pasti memiliki kondisi cuaca yang berbeda, dan juga kekuatan yang berbeda.

Terlepas dari itu, Areingers wajib menjaga tempo atau pace di tiap perjalanan. Supaya kita tidak mudah lelah ketika perjalanan, sebaiknya kita menjaga tempo dalam berjalan saat pendakian. Kenapa hal itu penting? Karena mempengaruhi kondisi tubuh kita. Dalam pendakian, wajib kita untuk menjaga tempo dalam berjalan. Tidak perlu dipaksakan untuk berjalan lebih cepat, karena berjalan cepat dan tidak beraturan akan membuat tubuh kita cepat lelah. Akibatnya kita lebih cepat dehidrasi, lelah dan akhirnya memutuskan untuk istirahat. Istirahatnya sih nggak salah ya Areingers.

Maka dari itu, pace perjalanan kita sebaiknya dijaga. Pelan tapi pasti, alon-alon asal kelakon hehehe. Tetapi memang beda dengan pendaki lain, mimin adalah tipe pendaki yang berjalan lambat, tapi jarang untuk memutuskan berhenti kecuali memang rombongan sudah memutuskan untuk beristirahat di pos-pos tertentu. Karena menurut mimin, kita melakukan perjalanan sesuai dengan kondisi tubuh kita, dan sesuai dengan masing-masing kekuatan tubuh kita. Jadi tidak bisa dipaksakan mengikuti orang lain, atau malah yang membuat bahaya adalah terburu-buru untuk sampai.

Sekali lagi, ini adalah pengalaman pribadi yang diambil dari cerita perjalanan mimin ya Areingers. Beruntung jika mimin sedang nanjak bareng Janatan Ginting. Beliau merupakan salah satu pendaki yang mengerti kondisi dan pace perjalanan buddy-nya. Kalau Areingers belum familiar dengan kata buddy system, Areingers bisa nonton episode Mountain Tips yang berjudul buddy system. Maka carilah partner nanjak kalian yang sama-sama pace dalam berjalannya. Boleh mengikuti pejalan lain, asal jangan terlalu terburu-buru dan terlalu dipaksa. Dalam pendakian, yang paling penting adalah keselamatan dan perlengkapan. Jika kalian sudah melengkapi dua hal tersebut, kalian pasti akan sampai tujuan dengan nyaman dan aman. Salam Lestari!