Mulai Dari Sampah Sendiri

Pernahkah kita membayangkan sampah yang kita bawa ke puncak gunung itu tidak akan mudah untuk terurai begitu saja? dan pernahkah kalian menghitung waktu kapan sampah-sampah tersebut akan terurai? Sebenarnya agak miris ketika kita tidak memperhatikan tempat bermain kita sendiri. Kita merupakan salah satu penikmat alam yang juga seharusnya memperhatikan tempat yang sedang kita nikmati itu.

Gunung merupakan tempat bermain untuk para pendaki, akan tetapi banyak juga para pendaki yang menganggap enteng tentang sampah yang mereka bawa ke atas gunung. Contohnya adalah botol plastik, botol plastik yang kalian bawa, jika kalian buang ke sembarang tempat, dalam jangpa 25 tahun, botol tersebut tidak akan terurai, Jadi apa saja sih langkah yang harus kita ambil? "bawa kembali sampahmu turun kebawah"

Di sebagian pos pendakian gunung di Indonesia, kini menerapkan sistem checklist, dimana barang-barang yang kalian bawa, harus sama dengan barang yang kalian bawa turun. Jadi sampah plastik dan juga yang lain tidak akan mengotori tempat bermain para pendaki seperti kita. Jangan lupa Areingers, kebersihan gunung adalah udara bagi semua orang.

// //