Musim Penghujan Sudah Tiba, Apa Yang Perlu Disiapkan?



Musim Penghujan merupakan salah satu dari dua musim yang berlangsung di Indonesia ini. Selain musim kemarau, tentunya musim penghujan juga menjadi satu musim yang terdapat di iklim tropis yang merupakan iklim di Indonesia ini. Saat kemarau berlangsung, panas matahari seakan tiada hentinya untuk menyinari kita di siang hari, dan panas yang menyengat terkadang membuat kita mengeluarkan energi lebih banyak saat beraktivitas. Bagaimanakah dengan musim penghujan? Tidak jauh berbeda, musim penghujan pun harus kita persiapkan sedemikian rupa agar kita selalu bisa berkegiatan secara maksimal.

Nah, yang pertama yang kita persiapkan mungkin yang berhubungan dengan tubuh kita dan kebiasaan kita sehari hari ya Areingers!
1. Pola Hidup Sehat
Tentunya, seperti kata peribahasa "Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat". Berkaca pada peribahasa tersebut bahwa kesehatan dan kekuatan hidup berasal dari tubuh yang juga sehat terlebih dahulu, dan ketika tubuh kita sudah sehat maka kekuatan jiwa pun akan tercapai dengan baik.

2. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh
Masih berhubungan dengan poin nomor 1 diatas, untuk memiliki daya tahan tubuh yang kuat tentunya harus melalui pola hidup yang sehat. Dengan berolahraga secara teratur dan manajemen istirahat tubuh yang baik dapan meningkatkan daya tahan tubuh kita secara berkala. Maka Dari itu, musim penghujan ini tentunya bukan penghalang untuk melakukan hal ini, namun perlu persiapan yang mengikuti kondisi alam saat kita akan beraktivitas nanti.

3. Jangan Hujan-Hujanan jika tidak perlu.
Dilansir dari health.detik.com mengatakan bahwa
"Paparan udara dingin di bagian luar tubuh bisa mengakibatkan penyempitan pembuluh darah pada lapisan hidung dan tenggorokan. Kondisi ini dapat merusak fungsi kekebalan tubuh," ujar Dr Jason Chia.

Umumnya tubuh yang terkena air hujan akan membuat suhu lebih dingin terutama di bagian kepala. Perubahan suhu tubuh yang terjadi saat seseorang terkena air hujan itulah yang akan membuatnya menjadi sakit. Pada saat terkena hujan tubuhakan berusaha mengeluarkan energi lebih besar untuk mengurangi suhu dingin akibat air hujan.

Akibat yang dirasakan jika seseorang terkena air hujan adalah:
1. Sakit kepala atau pusing karena banyaknya air hujan yang mengenai kepala dan membuat suhunya lebih dingin dari tubuh
2. Flu baik yang disebabkan oleh virus ataupun akibat paparan udara dingin
3. Kekebalan tubuh yang menurun akan membuat seseorang rentan terkena penyakit infeksi menular

Sekian tips menghadapi musim hujan dari mimin!
// //