Naik Gunung Waktu Puasa?

Sebenarnya apakah kita boleh mendaki di saat puasa? apakah bisa sampai puncak?

Baiklah, beberapa kali mimin mendapatkan pertanyaan serupa tentang ini. Sebenarnya, di bulan Ramadhan ini, pasti banyak juga rekan-rekan pendaki yang ingin naik gunung. Karena gunung tersebut cenderung sepi, dan para pendaki lebih memilih untuk tidak naik gunung. Tetapi bagi sebagian pendaki, mendaki di bulan Ramadhan atau saat puasa ini merupakan salah satu tantangan tersendiri bagi mereka.

Apakah Boleh?

Sebenarnya itu menjadi salah satu pilihan kita sendiri. Jika Areingers adalah muslim. Puasa itu diwajibkan, dan menjadi satu pilihan Areingers jika kalian memilih untuk menyusuri jalur di saat kalian sedang berpuasa. Akan tetapi, ingat.. kita butuh asupan makanan dan minuman saat kita menempuh perjalanan jauh, apalagi saat naik gunung. Jadi rekan-rekan lebih baik tidak memilih resiko yang tinggi ya..

Apakah Berbahaya?

Jelas, tubuh kita tidak menerima asupan mineral dengan baik, dehidrasi itu pasti. Akan tetapi akan lebih beresiko lagi jika maag. Atau penyakit perut lainnya yang melanda. Selain kalian tidak mendapatkan tenaga di saat berpuasa, kalian juga menjadi lemas dan kemungkinan akan banyak istirahat, ini akan membuat perjalanan kalian menjadi lebih lama, jika semakin lama, kalian juga semakin membuat resiko naik gunung tersebut menjadi lebih berbahaya.

// //