Orang Dengan Riwayat Penyakit Ini Sebaiknya Jangan Mendaki Gunung ya!

Mendaki gunung memang bukan aktivitas yang bisa dilakukan oleh sembarangan orang ya Areingers, sekilas memang menyenangkan tetapi ada beberapa rintangan yang harus dilewati saat melakukan kegiatan di luar ruangan yang satu ini.

Mempersiapkan fisik dan peralatan dengan matang tentu menjadi dua hal mendasar yang wajib dilakukan sebelum berangkat mendaki. Selain itu, ternyata ada sejumlah penyakit yang nggak direkomendasikan buat melakukan olahraga ekstrem yang satu ini, lho.

Berikut ini beberapa penyakit yang sebaiknya jangan mendaki gunung karena bisa berakibat fatal

  1. Penyakit Gangguan Paru-paru

Penyakit pertama yang sebaiknya jangan mendaki gunung yaitu ada gangguan paru-paru, Hal ini tentu berlaku bagi semua orang dengan riwayat penyakit pernapasan. Sebab, semakin tinggi dataran permukaan, otomatis oksigen juga bakal semakin menipis, kondisi ini tentu berisiko menyebabkan sesak bahkan, bisa saja berujung pada hilangnya kesadaran atau pingsan. Kerja paru-paru dapat menurun ketika oksigen semakin menipis. Jantung pun ‘dipaksa’ bekerja lebih keras untuk mendistribusikan oksigen saat kondisi ini terjadi.

  1. Glaukoma

Glaukoma ini merupakan keadaan ketika terjadi peningkatan tekanan pada bola mata yang menyebabkan saraf optik mata rusak. Orang dengan penyakit ini juga terbilang berbahaya kalau memaksakan mendaki gunung, lho. Pasalnya, saat mendaki gunung kamu pasti bakal sering mengejan atau memberikan sedikit tekanan di bagian bawah perut ketika melewati jalanan yang terjal. Hal ini ternyata bisa menyebabkan tekanan bola mata meningkat sehingga orang dengan riwayat glaukoma nggak dianjurkan untuk naik gunung.

  1. Epilepsi

Epilepsi merupakan keadaan ketika terdapat gangguan pada listrik otak. Epilepsi merupakan penyakit yang sering terjadi saat mendaki gunung karena salah satu pemicunya adalah kelelahan

Nah, bila kamu memiliki riwayat epilepsi, tetapi menyukai olahraga, sebaiknya pilihlah olahraga lain selain mendaki gunung.

  1. Gangguan Jantung

Penyakit yang sebaiknya jangan mendaki gunung selanjutnya yaitu ada gangguan jantung. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, naik gunung termasuk aktivitas fisik yang berat. Selain bisa meningkatkan tekanan darah, aktivitas fisik yang berat ini juga bisa meningkatkan intensitas detak jantung sehingga bakal berdampak meningkatkan beban jantung.

Nah, itulah beberapa penyakit yang sebaiknya jangan mendaki gunung karena bisa berakibat fatal. Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat mendaki gunung ya,Areingers. Selamat berpetualang!

// //