Pentingnya Memperhatikan Jalur Pendakian

Serunya mendaki gunung memang sebuah kenikmatan tersendiri karena menguji nyali dan fisik Areingers. Uji nyali karena Areingers akan berpapasan dengan hal yang belum lazim seperti medan berkelok dan curam. Sedangkan uji fisik karena Areingers akan berjalan kaki menyusuri area yang ekstrem dan bertarung dengan cuaca berbeda. Ada beberapa hal yang perlu Areingers perhatikan sebelum melakukan pendakian, yaitu:

  1. Persiapan Fisik

Butuh kematangan fisik sebelum Areingers mendaki agar ketika melakukan aktivitas keras ini tidak lekas sakit. Areingers bisa makan dengan porsi cukup dan bergizi 2 minggu sebelum pendakian, minuman alkohol atau sejenisnya sebaiknya dihindari. Pertahanan tubuh dengan vitamin juga penting dan olahraga fisik penting agar tubuh Areingers tidak sakit selepas turun mendaki. 

  1. Bahan dan Alat Pendakian

Berbagai keperluan mendaki seperti obat, makanan kering, minuman, alat masak mini, pakaian hangat, tenda, senter, kompas, korek api, alat pengaman. Jika Areingers mendaki dalam jumlah yang banyak maka pembagian tugas membawa alat dan bahan akan terasa lebih ringan. Kebutuhan bahan dan alat ini memang sekedarnya saja yang penting tujuan dari mendaki bisa tercapai dan pulang dengan selamat. 

  1. Izin Orang Tua

Perlunya izin dari orang tua adalah agar Areingers direstui dan dilindungi oleh tuhan, jika terjadi musibah segera orang pertama yang dihubungi adalah orang tua pendaki. Izin ini memang terkadang sepele namun banyak kejadian anak hilang saat pendakian dan orang tua panik, menyalahkan semua yang ada di sekitar padahal ini murni kesalahan si pendaki tersebut.

 

  1. Tahu Jalur Pendakian

Mengetahui jalur pendakian gunung memang penting sebagai upaya Areingers agar tidak tersesat. Beberapa orang merasa kurang tertantang jika sudah tahu jalur dan lewat bagian itu-itu saja maka mereka mencoba jalur baru yang sebelumnya tidak diketahui oleh orang. Hal ini dilarang keras karena ada area tertentu yang memang tidak diizinkan oleh juru kunci gunung setempat untuk dilewati. Kasus hilangnya pendaki bukan karena penculikan namun melainkan karena ditutupi oleh sarang astral dan tidak diizinkan untuk dilewati. 

  1. Berdoa Setiap Pendakian

Berdoa sebelum mendaki sesuai ajaran agama masing-masing sangat wajib guna meminta perlindungan dari tuhan. Ada sebagian gunung yang didaki meminta persyaratan kepada pendaki sebelum pendakian seperti tidak boleh merokok, membawa miras, melakukan hubungan tidak resmi dan sebagainya. taati dengan apa yang ada di sana, toh juga tujuan Areingers mendaki kan menikmati keindahan alam tanpa adanya embel-embel negatif bukan? 

Jalur pendakian gunung memang sebaiknya Areingers patuhi agar selamat sampai tujuan dan kembali dalam kondisi semula. Mengingat banyak kasus mengerikan karena keluar dari jalur pendakian dan kurang kesiapan dalam mendaki.