Pentingnya Minta Ijin Ke Orang Tua Sebelum Mendaki

Mendaki ke area dataran tinggi memang sangat menantang dan mengasyikan bukan? Areingers bisa belajar memetik pengalaman dari mendaki gunung, seperti merawat alam, mencintai karya Tuhan Yang Maha Kuasa, mensyukuri keindahan alam Indonesia, sebagai sarana olah tubuh buat Areingers yang masih muda. Dengan demikian, setidaknya Areingers tidak menjadi orang yang egois ketika berada di lingkungan karena belajar menghargai pada hal yang sudah ada sebelumnya.

Sebelum perjalanan mendaki memang kita wajib untuk meminta izin dahulu kepada orang tua karena jika terjadi musibah bisa segera tahu dengan menghubungi pihak yang bertanggung jawab dari si pendaki tersebut. Alasan lain yang memungkinkan untuk Areingers meminta izin adalah sebagai berikut:

  1. Pihak Pengelola Pendakian Tidak Disalahkan

Seiring dengan banyak kasus yang terjadi tentang hilangnya seorang mahasiswa yang mendaki, dan membuat orang tua si anak menyalahkan pihak pengelola gunung yang didaki. Padahal, si anak sebelumnya berkata bahwa sudah meminta izin kepada orang tuanya namun ternyata berbohong. Pihak pengelola yang mengetahui bahwa sudah mendapatkan izin memang lantas memperbolehkan. Salah paham ini sering terjadi dan membuat masuk ke jalur hukum padahal anaknyalah yang bersalah. Areingers yang akan mendaki harus berpikir jauh tentang hal ini. 

  1. Mendapatkan Perlindungan

Dengan mengantongi izin dari orang tua setidaknya jika terjadi musibah, orang tua dan pihak pengelola gunung cepat tanggap dan segera memberikan perlindungan seperti memanggil tenaga kesehatan. Bayangkan apabila Areingers tidak mendapat izin dari orangtua, maka orang tua tidak akan tahu tentang apa yang terjadi. 

  1. Bertanggung jawab Penuh

Pihak pengelola semakin mantap jika Areingers sudah mendapatkan izin dari orang tua, pihak pengelola akan menelepon orang tua agar tahu tentang kebenaran anaknya yang sedang mendaki. Semua yang terlibat akan bertanggung jawab penuh dan tidak saling menyalahkan jika terjadi musibah. Areingers bisa bayangkan jika berbohong demi bisa mendaki dan di atas Areingerster sesat atau berpisah dari rombongan, maka dengan siapa Areingers akan meminta pertanggungjawaban.

  1. Memilih Waktu yang Tepat

Mungkin untuk waktu sekarang orang tua belum mengizinkan Areingers untuk mendaki karena beberapa alasan tertentu, sebaiknya Areingers taati. Ketika orang tua yang lebih tahu tentang kebaikan anaknya memang menjadi alasan kuat agar anaknya selamat. Orang tua akan memberikan izin saat waku yang benar-benar pas untuk mendaki seperti musim kemarau. Jika mendaki saat musim penghujan dikhawatirkan terkena hipotermia akut. 

Aktivitas mendaki memang sangat menantang, namun Areingers perlu persiapan matang seperti alat outdoor kemah yang berkualitas, konsep perjalanan ke gunung, kondisi rute pendakian yang akan dilewati dan sebagainya. Areingers bisa membeli perlengkapan kemah di toko khusus outdoor dengan harga yang terjangkau.