Peraturan Tak Tertulis Naik Gunung

Halo Areingers, apakabar? mudah-mudahan kita selalu ada di dalam lindungan Yang Maha Kuasa ya.. Kali ini, saya akan bahas tentang beberapa etika yang tak tertulis jika kita mendaki Gunung. mudah-mudahan bisa menjadi pelajaran untuk kita semua ya Areingers. Ditengah-tengah hiruk pikuk yang ada di Indonesia, pasti ingin rasanya kita meluangkan waktu untuk me time..  ke gunung boleh.. tapi ada etikanya.. yuk langsung kita bahas.

- Hormati Larangan Penduduk Setempat

Tahukan kalian, bahwa penduduk setempat merupakan guide spiritual yang baik untuk pendaki gunung, kenapa? karena mereka mengetahui hal yang pendaki tak tau, misalnya..dilarang naik gunung untuk wanita yang haid, atau beberapa larangan lain yang memang tidak tertulis di simaksi bahkan tidak di jelaskan di base camp. Tapi wajib kita ketahui untuk guide spiritual kita selama perjalanan.

- Dilarang Berbuat Asusila

Walaupun di tenda merupakan tempat kita berkumpul, tempat bersama rekan-rekan baik sesama atau lawan jenis, alangkah baiknya kita selalu menggunakan akal sehat, dimana gunung bukan tempat untuk mesum, ada beberapa kejadian yang menyedihkan ketika saya mendengar pendaki yang berbuat mesum, Jangan ya Areingers, ini merupakan hal yang tidak boleh kita lakukan di gunung. Gunung konon adalah tempat spiritual bagi orang tua jaman dulu.. jadi kita juga wajib untuk menjaga hal tersebut.

- Jangan Pipis Sembarangan

Ini juga merupakan etika yang patut diperhatikan, kenapa? ada beberapa hal yang tidak terlihat oleh kasat mata, jangan pipis sembarangan, usahakan selalu membaca doa agar selalu dilindungi dan terjauh dari kesalahan yang tidak kita sadari. 

// //