Pilih Sepatu Gunungmu Dengan Trik Di Bawah Ini!

Mendaki gunung adalah salah satu aktivitas outdoor yang banyak digemari kaum muda, karena memberikan pengalaman mengeksplor keindahan alam pegunungan secara langsung. Selain itu, aktivitas ini juga memerlukan persiapan secara khusus. Tak hanya fisik, Areingers juga harus mempersiapkan beberapa hal lainnya seperti perlengkapan untuk mendaki.

Diantara peralatan outdoor untuk mendaki, salah satunya ialah sepatu pendakian atau sepatu gunung. Sepatu gunung memang banyak dipakai para pendaki ketika menapaki medan ekstrim di gunung, di samping sandal gunung. 

Tips Memilih Sepatu Gunung Terbaik

Memilih sepatu gunung berkualitas bisa membuat kaki Areingers terlindungi saat mendaki. Tentu saja jangan salah pilih, sebab jika hal ini terjadi bisa membuat kaki tersiksa. Berikut tips memilihnya :

  1. Pilih sepatu yang ukurannya lebih besar

Berbeda dengan sepatu untuk aktivitas sehari-hari yang biasanya memerlukan ukuran lebih pas di kaki, tapi untuk sepatu gunung sendiri sebaiknya pilih yang ukurannya lebih besar. Misalnya saja jika sepatu untuk sehari-hari memakai ukuran 41, sebaiknya untuk sepatu gunung ini pilih yang ukurannya lebih besar sekitar 42-43. Kenapa? Karena untuk menghindari kaki lecet atau luka saat Areingers turun gunung.

Jadi jika ukurannya pas di kaki, bagian ujung jari khususnya ibu jari sangat tersiksa ketika turun gunung, sebab langsung terhimpit dan tertekan ujung sepatu. Ini bisa membuat kuku kaki Areingers terlepas. Dengan ruang lebih pada ujung sepatu, membuat Areingers bisa memakai kaus kaki ganda atau lebih tebal supaya kaki lebih terlindungi.

  1. Menyesuaikan Tinggi Leher Sepatu Dengan Medan Pendakian

Ketika Areingers memilih sepatu gunung di toko peralatan outdoor, biasanya ada beberapa macam sepatu gunung berleher pendek dan tinggi. Untuk memutuskan mana jenis yang mesti dipilih, Areingers perlu menyesuaikannya dengan lokasi dan medan pendakian yang akan dilewati.

Apabila medan pendakiannya terdapat bukit atau gunung seperti Prau atau Gunung Andong, sepatu ini dapat dipilih. Tak hanya lebih ringan, sepatu gunung berleher pendek biasanya lebih terjangkau. 

Sedangkan sepatu berleher tinggi biasanya pas dipakai untuk pendakian gunung di medan yang cukup berat dan panjang seperti Kerinci atau Gunung Slamet. Hal ini disebabkan leher sepatu panjang bisa dikatakan lebih maksimal untuk melindungi kaki, khususnya pada mata kaki.

  1. Jangan Lupa Periksa Bagian Sol Sepatu

Sol pada sepatu gunung pasti berbeda dari sepatu lari atau sepatu untuk aktivitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan sol pada sepatu gunung sebaiknya dirancang untuk melalui medan pendakian yang berbatu atau licin.

Maka dari itu, sebaiknya pilih sepatu yang solnya memiliki ceruk tajam dengan punggung sol yang tinggi. Bagian sol sepatu ini bisa memantu kaki Areingers bisa menapak lebih mantap ketika melewati medan yang berbatu.

Itulah tips memilih sepatu gunung bagi Areingers yang gemar melakukan aktivitas-aktivitas adventure. Semoga bermanfaat!