Pohon Terbesar di Indonesia

Areingers, kita harus berbangga hati menjadi bagian dari negara yang kaya raya ini. Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya keaneka ragaman budaya dan juga kekayaan alamnya sangat melimpah. Selain flora dan fauna, Indonesia memiliki banyak sekali yang patut dibaggakan. Seperti prestasi yang dimiliki, dan juga kekayaan yang dimiliki.

Kita juga tahu, bahwa Indonesia memiliki Pohon yang menjadi salah satu pohon yang terbesar di Dunia, apa itu?

Pohon ulin (Eusideroxylon Zwageri)

Pohon Ulin adalah salah satu pohon yang terbesar di dunia, pohon ini berada di Sangkima, dan menjadi ikon dari Taman Nasional Kutai, di kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Pohon ini memiliki diameter 2,47 meter, Pohon ini diperkirakan telah berusia lebih dari seribu tahun. Pohon ini berdiri kokoh setinggi 30 meter. Kita tau dong pohon setinggi itu dan sebesar itu pasti berada di lokasi pedalaman, akan tetapi, kita bisa mencapai lokasi pohon tersebut dari Kantor Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Sangata, Kutai Timur dan berlanjut berjalan kaki sejauh 800 meter untuk memasuki hutan hujan tropis setempat dalam pengawasan petugas TNK. Kenapa harus diawasi? Karena pohon ini merupakan salah satu aset dunia. Jadi pihak pemerintah menjaganya dengan ketat, jangan sampai terjadi vandalisme atau perusakan lainnya.

Pohon ini adalah salah satu aset terbesar yang ada di Indonesia, ditemukan pada tahun 1993 oleh salah satu peneliti flora asal Jepang yang bernama Watanabe. Dan pohon ini hanya ada di Indonesia, Malaysia dan Thailand.

Nah Areingers, jika kita tahu bahwa aset terbesar dunia ini ada di salah satu wilayah Republik Indonesia, maka kita juga harus menjaga aset-aset seperti ini dong. Bukan karena penjagaan ketat dari pemerintah itu cukup, akan tetapi kesadaran diri kita pribadi untuk menjaga aset kecil di sekitarannya pun juga harus dipertimbangkan. Maka dari itu, yuk kita jaga bersama Alam Indonesia yang kaya raya ini.