Pulau Satonda dan Keindahan di dalamnya

Tepatnya di Nusa Tenggara Barat, Pulau ini menjadi pulau misterius yang tidak berpenghuni namun memiliki keindahan alam yang sangat mengesankan. Jika kalian sedang bertandang ke Kabupaten Dompu, kalian wajib untuk mengunjungi pulau ini. Pulau ini merupakan pulau legendaris, sama legendarisnya dengan Gunung Tambora dan Pantai Lakey. Apa aja sih yang ada di Pulau Satonda?

Danau air asin di Pulau Satonda, keberadaan danau dan juga keindahan yang ada di pulau latonda ini menjadikan pulau ini menjadi persinggahan kapal pesiar hingga yatch dengan layar. Banyak sekali wisatawan mancanegara yang mengunjungi pulau ini. Pulau ini dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam, Pulau Satonda dan Moyo di Kabupaten Sumbawa yang merupakan dua pulau yang termasuk dalam Taman Nasional Moyo - Satonda.


Pulau Satonda ini juga merupakan bagian dari Geopark Tambora, karena pulau ini merupakan pulau yang unik, dan juga melengkapi sisi histori dari meletusnya Gunung Tambora yang mengguncang dunia di tahun 1815. Dari penelitian, Danau Satonda mempunyai air yang sangat asin dengan tingkat kebasaan atau alkalinitas sangat tinggi dibandingkan dengan air laut pada umumnya.

Di pinggiran danau, terdapat sebuah pohon yang tidak diketahui asal usulnya dan terikat banyak batu yang bergantungan diikat dengan tali. Dan disebutlah sebagai pohon harapan karena yang menggantungkannya memiliki harapan dan cita-cita yang ingin diwujudkan. Untuk mencapai ke pulau Satonda ini Areingers bisa menyeberang dari Labuan Kenanga. selama 15 Menit, dan itu adalah rute terbaik untuk bertandang ke pulau ini. Apa kalian tertarik akan mengunjungi pulau ini? jangan lupa untuk menjaga kebersihan ya guys.. Salam Lestari.