Seberapa Penting Ijin Orang Tua Saat Ke Gunung? Ini Jawabannya!

Saat mendaki gunung selain harus mempersiapkan kebutuhan untuk pendakian, tentu saja hal yang paling krusial sebelumnya ialah meminta izin orang tua terlebih dulu. Semua orang tua tentu tidak ingin sesuatu hal buruk terjadi pada anaknya. Terlebih lagi, bagi orang tua yang saat mudanya tidak pernah mendaki ke gunung manapun. Apapun alasannya, meminta izin orang tua tetap merupakan hal terpenting yang harus dilakukan sebelum naik gunung. Karena itu, Kami bagikan ulasannya di bawah ini!

Ini Alasan Penting Meminta Ijin Orang Tua Saat Mendaki 

  1. Izin Orang Tua Adalah Hal Paling krusial

Sampai kapanpun gunung selalu dianggap sebagai kawasan yang menyeramkan dan angker. Jadi, kebayang jika Areingers pergi tanpa izin orang tua. Jika tidak ingin menyesal di kemudian hari, jangan membuat orang tua merasa sedih. 

Namun karena kesulitan mendapatkan izin untuk mendaki gunung, tak sedikit pendaki yang akhirnya harus mencuri kesempatan pada orang tua mereka supaya bisa mendaki. Restu dari orang tua bisa dikatakan harga mati. Jika mereka tahu Areingers pergi kemana, tentu doanya selalu mengiringi setiap langkah dan tentu saja Areingers harus percaya hal itu.

  1. Jika Tidak Mendapat Izin, Urungkan Niat Mendaki

Mungkin banyak orang yang pergi mendaki tanpa izin orang tua mereka. Namun tanya lagi hati kecilmu, apakah Areingers benar-benar merasa tenang saat mendaki? Bukankah pergi mendaki tanpa izin mereka justru bisa mempersulit Areingers sendiri? Untuk itu, penting sekali mendapatkan izin mereka saat Areingers memiliki rencana untuk mendaki. 

  1. Yakinkan Pada Orang Tua Untuk Selalu Berhati-Hati Selama Mendaki

Jika Areingers ingin sekali mendaki tapi tetap menganggap bahwa izin orang tua sangat penting, maka pastikan mereka untuk bisa menerima alasanmu pergi. Selain itu, jika mereka cemas sebaiknya jawab kecemasan orang tua, dengan kesiapan Areingers melakukan pendakian gunung. 

Saat masih muda, keduanya mungkin tidak sempat berpikir untuk melakukan pendakian gunung. Areingers bisa memberikan gambaran singkat mengenai teknis pendakian, cara memasak dengan baik, cara bagaimana bertahan hidup saat di tengah-tengah hutan, dan masih banyak yang lainnya yang bisa ditunjukkan pada mereka. 

Selain itu, tunjukkan juga peralatan outdoor untuk mendaki. Jika Areingers hanya membawa sandal jepit dan jaket saja, bagaimana mereka bisa memberi izin. Cobalah sewa peralatan mendaki dengan lengkap. Hal ini bertujuan untuk memantapkan niatmu sekaligus berusaha untuk memperoleh izin sekaligus kepercayaan mereka.

  1. Setiap Langkah Kita, Ada Andil Orang Tua

Tak sedikit orang yang menjadi korban meninggal selama pendakian, karena hipotermia, jatuh, menghilang atau cuaca buruk. Hal yang perlu Areingers tahu bahwa keberhasilan pendakian tidak hanya ditentukan berdasarkan apakah pendaki tersebut sukses mencapai puncak gunung ataukah tidak. Justru lebih dari hal itu, kesuksesan disematkan apabila si pendaki tiba dirumahnya dalam keadaan selamat dan utuh. Jadi, bisa dikatakan bahwa faktor yang bisa membuat Areingers selamat untuk tiba di rumah ialah doa orang tua.

Itulah 4 poin alasan kenapa Areingers wajib meminta izin orang tua saat mendaki. Dengan izin orang tua, kegiatan adventure Areingers pun semakin tenang dan nyaman.