Solusi untuk Tidak Buang Sampah di Gunung

Halo Areingers, pernahkah kalian membaca short news tentang beberapa gunung yang penuh sampah di waktu dekat ini? miris yah..
Areingers, kita sebagai orang yang sering menikmati keindahan alam di Indonesia, wajib untuk mengetahui beberapa hal yang harus ditanamkan di diri kita sendiri, Apa itu? Jangan buang sampah sembarangan. Karena pertama akan merusak keindahan alam, kedua, Apakah kita tidak bisa untuk sadar akan kebersihan lingkungan? Karena kita tinggal di negara yang kaya akan keindahan alam, kita harus sadar pula tentang kebersihan di mana pun kita berada. Nah, kali ini.. Mimin memang memiliki sedikit masukan untuk para Areingers yang akan naik gunung dan tidak meninggalkan sampah sedikit pun.

- Tidak membawa logistik yang berlebihan

Karena apa? karena kita akan memperbesar kemungkinan kita untuk melakukan hal yang bisa merusak alam termasuk membuang sampah sembarangan. Jika kita membawa barang-barang logistik seperlunya, kita pasti akan mengurangi jumlah sampah yang akan kita bawa turun nantinya. dan pastinya, akan jauh dari perbuatan pembuangan sampah sembarangan.

- Buat Sistem Checklist Sendiri

Kenapa kita harus memiliki sistem checklist sendiri? Karena kita dapat meminimalisir meninggalkan sampah, dengan begini kita dapat mengurangi jumlah kemungkinan membuang sampah sembarangan. Yang pasti, jika kita membawa plastik berlebih, kemungkinan pihak base camp akan mengurangi jumlah tersebut untuk meminimalisir pemakaian plastik di area Gunung. Bahkan ada beberapa gunung yang sudah tidak memperbolehkan para pendaki untuk membawa botol plastik.

- Berjanji Pada Diri Sendiri

Berjanji pada diri sendiri merupakan salah satu komitmen dalam menjaga lingkungan, tidak bisa dipungkiri bahwa kita manusia biasa yang penuh kekhilafan, dan juga kita tidak dapat membohongi diri sendiri bahwa tangan kita terkadang teledor dan membuang sampah sembarangan. Akan tetapi, jika kita sudah berkomitmen dan berjanji pada diri sendiri, mimin yakin tidak akan ada yang namanya membuang sampah sembarangan.

- Membawa Turun Sampah Sendiri

Dalam hal ini, kita juga wajib untuk membawa sampah sendiri. Karena kita tidak dapat mengandalkan orang-orang sekitar untuk membersihkan sampah kita, dan juga kita harus sadar akan kebutuhan pribadi masing-masing. Dulu saat mimin masih merokok, mimin selalu membawa puntung rokok mimin sendiri ke dalam saku, supaya tidak membuang sampah sekecil apapun ke sembarang tempat. Dengan begitu, sampai saat ini mimin sudah tidak merokok lagi, sampah permen pun terbiasa untuk mimin bawa kembali. Ingat Areingers, sekecil apapun pergerakan kita, akan berguna dan berdampak besar terhadap lingkungan. Jadi, mulailah dari diri sendiri.

Kenapa sering sekali mimin menulis tentang sampah? Karena sampah adalah musuh lingkungan yang paling besar. Jika sampah bisa diminimalisir, mimin percaya alam ini akan asri, alam ini akan memberikan hal yang paling baik untuk kita semua. Salam Lestari.