Tahun Baruan Di Gunung?

Tahun Baru adalah salah satu momment yang ditunggu banyak pendaki di Indonesia, mereka biasa meluangkan waktu liburan mereka untuk menghabiskan waktunya untuk mencari ketenangan di Gunung. Ingat, disini judulnya mencari ketenangan yah, bukan membuat gaduh dan merusak. Jadi bagi mereka yang mempunyai tujuan Tahun Baruan di Gunung untuk membuat hal selain itu dan merugikan banyak orang apalagi merugikan alam... berarti kalian bukan Areingers sejati, bukan pecinta alam sejati, dan bukan orang yang patut untuk didekati hehehe.

Untuk mendaki gunung dan camping di camping ground di gunung tersebut, kita harus membekali diri dengan berbagai macam peralatan dan ilmu yang baik. Jadi kita harus memahami itu semua ya guys sebelum naik gunung, Kalian bisa membekali diri kalian dengan nonton program Mountain Tips yang ada di YouTube Arei Outdoor Gear dan dipandu oleh Janatan Ginting seorang World 7 Summiter dari Indonesia yang sudah menapakkan diri di Gunung Everest loh guys.

Tahun Baruan di Gunung itu boleh, akan tetapi banyak yang harus kita perhatikan ya guys.. yok kita bahas bareng di artikel ini

Jangan Buang Sampah!!

Buang Sampah itu jadi salah satu polemik untuk para pecinta alam, kalau hanya ada 1 atau 2 oknum saja sepertinya nggak akan jadi masalah yang besar, akan tetapi disini kita berbicara banyak oknum tersebut. Meninggalkan Sampah itu adalah salah satu cara untuk menghancurkan tempat bermain kita para pecinta alam selama ini. Lagian, pikiran orang yang buang sampah di gunung itu apa sih? nggak keren banget tau Guys.. Nanti kalau alamnya rusak, yang repot ya anak cucu kita kedepannya.

Taati SOP dan Aturan yang berlaku

SOP yang ada dan aturan yang telah ada di setiap Gunung itu ada. Dan jika kita mau naik gunung, camping di gunung, turuti seluruh aturan yang ada dan tertulis di gunung tersebut. Jadikan aturan dan SOP itu menjadi pedoman kalian saat naik gunung. Karena aturan tersebut itu untuk menjadikan Gunung tersebut lebih baik, SOP adalah salah satu hal untuk melindungi kita dalam perjalanan, jadi itu semua untuk para pendaki dan alam. Jika kita mencintai alam dan gunung yang ada, maka taati secara mutlak.

Jangan membawa Kembang api Atau Petasan

Tahun Baru memang identik dengan kembang api maupun petasan, namun bila Areingers Mendaki Gunung pada malam tahun baru ada baiknya untuk tidak membawa atau menyalakan petasan dan kembang api. Ingat, gunung bukan sekadar tempat rekreasi namun juga rumah bagi satwa-satwa yang hidup di sana. Sementara para Areingers adalah tamu yang mampir ke rumah mereka. Petasan dan kembang api bisa membuat satwa-satwa di sini merasa terancam, dan bukan tidak mungkin beberapa satwa buas berani muncul untuk melawan Areingers. Selain itu, menyalakan kembang api dan petasan juga cukup berbahaya, karena bisa memicu terjadinya kebakaran bila mengenai ranting atau rerumutan kering. 

Persiapkan Perlatan Dokumentasi Yang Tepat dan Aman

Dokumentasi juga menjadi hal yang tidak akan Areingers tinggalkan. Smartphone maupun kamera digital menjadi hal wajib untuk mengabadikan momentun pendakian, terutama di malam tahun baru. Nightscape pada malam pergantian tahun di gunung tentu akan terasa unik dan menarik, terlebih memotret kembang api yang gemerlap dari kejauhan menjadi momentum yang sayang untuk dilewatkan. Kemas kameramu dan Peralatan Outdoor dengan tas tahan air agar terhindar dari hal-hal yang merugikan Areingers.